San Siro Makassar, Lapangan Viral Simbol Sulitnya Anak-anak Main Bola

Lapangan San Siro Makassar yang jadi viral di Instagram
Sumber :
  • Instagram/@pachesmindstore

VIVA – Sebuah lapangan yang terletak di Makassar, Sulawesi Selatan, menjadi bahan perbincangan di media sosial instagram. Lapangan yang diberi nama mirip dengan markas AC Milan, San Siro, tersebut, ramai diperbincangkan usai diunggah ulang akun media sosial sepakbola internasional, @433.

AC Milan Waspadai Amukan Lazio

Pemandangan San Siro Makassar memang begitu menarik. Tak mewah atau indah, namun penuh akan kritik.

Lapangan tersebut tak berumput. Hanya tanah becek yang jadi alas bagi empat anak kecil bermain bola.

AC Milan Vs Newcastle United, Laga Emosional Sandro Tonali

Meski begitu, tanpa alas kaki, empat anak kecil itu tampak begitu senang bermain di lapangan tersebut. Mereka tak menghiraukan gundukan sampah yang berada di sampingnya.

Tekad AC Milan Raih Kemenangan di Giornata Terakhir Serie A

Sejak diunggah akun @433 pada 5 Januari 2018 lalu, foto "San Siro" telah disukai 1.051.071 kali serta diunggah ulang oleh ratusan akun lain. Figur publik seperti Gilang Dirga pun dibuat takjub dengan viralnya "San Siro" Makassar itu.

"Awasome," tulis Gilang melalui akunnya @gilangdirga di kolom komentar postingan @433. Komentar singkat Gilang pun mendapatkan respons sampai 1.852 like.

Usut punya usut, lapangan itu terletak di Jalan Masale 2, Kecamatan Panakkukang, Makassar, Sulawesi Selatan.

"Ini dulu tanah kosong. Tapi, sejak 17 Agustus 2018, mulai digunakan untuk anak-anak main bola. Kalau tulisan San Siro itu saya yang cat. Iseng-iseng saja, karena saya fans AC Milan," kata Farhan, yang merupakan warga setempat.

Pengunggah foto tersebut bernama Muhammad Nurdin. Tak ada niat khusus dari Nurdin untuk mengunggah foto itu ke akun instagramnya, @pachesmindstore.

Hanya untuk tugas pameran kelas fotografi, dia mengambil gambar tersebut. "Di luar dugaan malah banyak respons dan viral sampai hari ini. Foto itu sebenarnya berpesan tentang kurangnya lahan untuk anak-anak di Makassar bermain bola tanpa harus mengeluarkan uang lebih," jelas Nurdin.

Diceritakan, dia menerima komentar dari akun @433 di unggahan fotonya pada Sabtu 4 Januari 2019 lalu. Kemudian, ada direct massage dari akun @433 yang meminta izin untuk mengunggah ulang foto San Siro Makassar tersebut.

Nurdin pun diminta untuk mengirimkan file asli yang beresolusi tinggi. Setelah itu, fotonya pun mendapatkan respons hingga di tingkat internasional.

"Mungkin saya beruntung, karena foto itu saya juga tidak tahu di mana istimewanya," kata Nurdin. (min)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya