Unik, Klub Ini Pernah Boyong Eks Bomber MU Bermodal 20 Pasang Sepatu

Dimitar Berbatov saat masih membela Manchester United
Sumber :
  • premierleague.com

VIVA – Era kejayaan Dimitar Berbatov memang sudah lewat. Tapi, ada sebuah fakta unik di balik kesuksesan mantan striker Bayer Leverkusen, Tottenham Hotspur, serta Manchester United ini.

Resmi, Bayern Munich Pecat Thomas Tuchel

Berbatov lahir di Blaoevgrad, Bulgaria, 30 Januari 1981. Penyerang yang memiliki tinggi badan 1,89 meter ini memulai kariernya pada 1998 bersama klub elite Bulgaria, CSKA Sofia. Berbatov lebih dulu bergabung dengan tim junior CSKA, setelah didatangkan dari sebuah akademi sepakbola, Pirin Blagoevgrad. 

Usia Berbatov masih 17 tahun saat CSKA memboyongnya. Terungkap, ada hal unik saat proses transfer Berbatov dari akademi Pirin Blagoevgrad menuju CSKA. Jika biasanya klub menggelontorkan sejumlah dana untuk membeli pemain, maka CSKA tidak melakukan itu.

Dimitar Berbatov Prediksi Masa Depan Jadon Sancho

Menurut laporan The Telegraph, untuk mendatangkan Berbatov, manajemen CSKA hanya diminta  menyerahkan 20 pasang sepatu untuk akademi yang berdiri pada 1922 itu.

Tiga musim membela CSKA, Berbatov kemudian diboyong klub papan atas Bundesliga, Bayer Leverkusen. Di sini karier Berbatov mulai menanjak. Selama enam musim membela Leverkusen, Berbatov mampu mencetak 91 gol dalam 201 penampilannya di semua ajang. 

Jadon Sancho Kelewat Batas, Ten Hag Merasa Terhina

Setelah itu, Berbatov hijrah ke Inggris bersama Tottenham Hotspur musim 2006/2007. Di White Hart Lane saat itu, Berbatov juga tampil cukup tajam. Buktinya, ada 46 gol yang berhasil dibuatnya dalam 102 pertandingan selama tiga musim membela panji The Lilywhites.

Musim 2008/2009, mungkin adalah pintu bagi Berbatov untuk memasuki puncak kariernya. MU di bawah komando manajer legendaris, Sir Alex Ferguson, datang meminangnya dari Tottenham dengan dana sebesar 30,8 juta Poundsterling, atau setara dengan Rp533,3 miliar (kurs saat ini).

Berada di Old Trafford selama empat musim, Berbatov sukses mencetak 56 gol dalam 149 penampilan di semua ajang. Tak hanya itu, Berbatov juga ikut mengantar MU meraih dua gelar Premier League, satu gelar Piala Liga Inggris, satu gelar Community Shield, dan satu gelar dunia klub. 

Berbatov kemudian melanjutkan kariernya setelah hengkang dari MU ke Fulham musim 2012/2013. Setelah itu, Berbatov pernah membela AS Monaco, PAOK, dan pensiun di klub Indian Super League, Kerala Blasters. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya