Ketika Ronaldinho Hancurkan Hati Masyarakat Inggris

Ronaldinho tiba di Indonesia.
Sumber :
  • Instagram/@rans.nusantara

VIVA Bola – Legenda sepakbola dunia, Ronaldinho, saat ini berada di Indonesia. Dia memenuhi undangan Rans Nusantara FC yang baru promosi ke Liga 1 2022/2023 pada musim ini.

Alfredo Vera Pelatih Anyar RANS Nusantara FC, Bisa Lolos Degradasi?

Berbagai agenda bakal dijalani Ronaldinho selama di Indonesia, terutama bermain untuk Rans Nusantara dalam trofeo melawan Arema FC dan Persik Kediri di Stadion Kanjuruhan, Minggu 26 Juni 2022.

Ronaldinho adalah salah satu talenta terbaik, sebelum pecinta sepakbola mengenal Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.

Malut United Promosi ke Liga 1, Tuah Rifal Lastori Berlanjut

Dalam perjalanan kariernya, Ronaldinho pernah membawa timnas Brasil menjadi juara Piala Dunia 2002. Dan, salah satu aksinya yang paling teringat adalah gol fantastisnya ke gawang timnas Inggris.

Momen itu terjadi 21 Juni 2002 di Stadion Shizuoka, Jepang. Brasil menghadapi Inggris di babak delapan besar. 

Hujan Deras dan Hujan 7 Gol di Stadion Brawijaya! Persik Kediri Benamkan RANS Nusantara FC

The Three Lions melaju setelah mengalahkan Denmark 3-0 di babak 16 besar. Sementara Brasil menumbangkan Belgia 2-0.

Brasil sempat tertinggal lebih dulu pada menit ke-23 melalui Michael Owen. Dia berhasil memanfaatkan kesalahan Lucio untuk mencatatkan namanya di papan skor.

Tapi, Ronaldinho datang dengan kemampuannya yang fantastis. Ronaldinho menginspirasi terciptanya gol penyeimbang Brasil.

Dia mengobrak-abrik pertahan Inggris dan kemudian melepaskan umpan manis kepada Rivaldo. Tanpa kontrol, Rivaldo melepaskan tendangan kaki kiri terukur untuk menaklukkan David Seaman.

Kemudian, Ronaldinho mencetak salah satu gol paling berkesan dalam sejarah Piala Dunia untuk menghancurkan Inggris.

Ronaldinho mengambil tendangan bebas dari jarak 50 yard. Di sisi kanan, tampak seolah-olah dia akan mengayunkan umpan silang yang akan diarahkan kepada pemain-pemain jangkung seperti Lucio dan Roque Junior.

Seaman mencoba membaca maksud Ronaldinho dengan berdiri agak keluar dari mulut gawang. Nahas bagi Seamen, Ronaldinho malah melepas tendangan lambung menuju gawangnya.

Dia berusaha untuk mundur dan menggapai bola. Seaman gagal, bola meluncur mulus menuju sudut atas gawangnya. Brasil pun mengembalikan keadaan menjadi 2-1.

Brasil pun terus melaju mulus hingga babak final dan mengalahkan Jerman 2-0. Brasil juara dunia untuk yang kelima kalinya.

Ronaldinho sempat mempertahankan argumentasinya tetang gol yang indah itu. Dia menyatakan bahwa memang sengaja mengarahkan bola ke gawang, bukan berniat untuk memberikan umpan.

Namun, Pada Mei lalu, Ronaldinho mengatakan bahwa gol itu tidak sepenuhnya disengaja. "Tidak, itu tidak disengaja," kata Ronaldinho, berbicara di Expedia Route 10 Freestyle Bus Tour of Paris, dilansir Sportbible.

“Tetapi kami banyak mempelajarinya dan kami tahu bahwa penjaga gawang Inggris, dia sedikit mengambil langkah maju," jelasnya.

Ronaldinho juga mengakui, gol itu adalah salah satu yang terpenting dalam kariernya yang gemerlap.

"Saya sebenarnya cukup beruntung karena bola masuk seperti itu. Untuk kesedihan banyak orang Inggris, dan untuk kebahagiaan begitu banyak orang Brasil," ucapnya.

"Ini tentu sangat luar biasa karena ke mana pun saya pergi, orang-orang bertanya kepada saya tentang hal itu," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya