5 Pemain Sepakbola dengan Pendidikan Tinggi Bahkan Bergelar Magister

Andres Iniesta bersama Vissel Kobe
Sumber :
  • Dok. J League

VIVA Bola - Tidak hanya berbakat dalam dunia sepakbola, namun ada sejumlah pemain yang luar biasa di bidang akademis bahkan hingga mencapai gelar Magister.

Momen Shin Tae-yong Hibur Korea Selatan U-23 Usai Kalah Penalti

Meskipun fokus dalam sepakbola, akan tetapi ada sebagian pemain juga yang tidak mengabaikan dari segi pendidikannya. Berikut beberapa pemain dengan pendidikan tertinggi, seperti dilansir berbagai sumber, sebagai berikut:

1. Vincent Kompany

Korea Selatan U-23 Beber Situasi Tak Enak Lawan Indonesia U-23

Vincent Kompany Resmi Ditunjuk Sebagai Pelatih Burnley

Photo :
  • Twitter Burnley

Vincent Kompany merupakan salah satu legenda Manchester City dan Timnas Belgia. Bersama The Citizen ia berhasil meraih trofi Premier League. Namun selain handalam sebagai pemain bertahan, ia juga memiliki pendidikan cukup tinggi.

Gandeng IEP, Kemenag Buka Peluang Sinergi dengan Perguruan Tinggi Amerika

Vincent Kompany berhasil menyelesaikan pendidikannya hingga bergelar Magister pada 2017 di bidang Administrasi Bisnis di Manchester Business School. Kini setelah pensiun menjadi pemain sepakbola, ia melanjutkannya menjadi klub kasta kedua Inggris yaitu Burney.

2. Juan Mata

Gelandang Manchester United, Juan Mata

Photo :
  • Instagram/@manchesterunited

Juan Mata merupakan mantan pemain Manchester United dan Chelsea. Selain handalam dalam mengolah bola dilini tengah. Ternyata ia merupakan pemain yang tidak mengabaikan pendidikannya.

Ia telah memiliki dua gelar di bintang akademis pertama sejarah Olahraga dan kedua Keuangan. Dua gelar tersebut, didapatkan di Universitas Camilo Jose Cela Madrid. Setelah kontraknya berakhir bersama Manchester United, Juan Mata memutuskan bergabung dengan klub asal Turki yaitu Galatasaray.

3. Andres Iniesta

Andres Iniesta bersama Vissel Kobe

Photo :
  • Dok. J League

Andres Iniesta merupakan salah satu legenda Barcelona dan Timnas Spanyol yang kini bermain bersama klub asal Jepang yaitu Vissel Kobe. Selain berprestasi bersama Barcelona dengan meraih banyak trofi. Andres Iniesta tidak pernah mengabaikan pendidikannya, Ia berhasil meraih gelar di bidang Biologi dan Ilmu Olahraga.

4. Giorgio Chiellini

Bek Timnas Italia, Giorgio Chiellini.

Photo :
  • Four Four Two

Giorgio Chiellini merupakan legenda Juventus dan Timnas Italia, ia berhasil membawa negaranya meraih gelar Piala Dunia pada 2006. Ia juga merupakan salah satu pemain belakang paling menakutkan bagi seorang penyerang.

Selain banyak prestasi di dunia sepakbola, Giorgio Chiellini juga sangat berprestasi bidang pendidikannya. Pemain berusia 38 tahun tersebut lulus di Universitas Torino pada 2010 dengan mengambil jurusan Ekonomi dan perdagangan. Pada 2017, ia melanjutkan kuliahnya di bidang yang sama hingga mendapatkan gelar Magister.

5. Romelu Lukaku

Bek Persija Jakarta Ondrej Kudela (kiri) saat berduel dengan Romelu Lukaku

Photo :
  • AP Photo/Antonio Calanni

Romelu Lukaku merupakan salah satu penyerang terbaik dunia saat ini. Ia telah memperkuat banyak klub besar Eropa seperti Chelsea, Manchester United hingga kini ia memperkuat Inter Milan.

Meskipun banyak meraih prestasi di bidang sepakbola, Romelu Lukaku ternyata Sarjana Hubungan Masyarakat. Ia juga telah mahir dalam menggunakan lima bahasa, seperti Inggris, Spanyol, Italia, Prancis hingga Belanda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya