Main Sepakbola di Bulan Bisa Dilakukan pada 2035

Ilustrasi sepak bola di Bulan.
Sumber :
  • Getty Images

Jakarta – Olahraga sepakbola diyakini segera bisa dimainkan di Bulan pada awal 2035. Meski begitu ini mungkin saja akan terlihat sangat berbeda dengan pertandingan di Bumi.

Fakta-fakta Unik Tentang Uzbekistan, Negara Double Landlocked yang Jauh Dari Laut!

Para ahli dari Institution of Engineering and Technology (IET) telah menyusun buku peraturan dan mengungkapkan rencana seperti apa sepak bola di permukaan Bulan - dengan pertandingan 90 menit dan perlengkapan tradisional yang sudah ketinggalan zaman. 

Visi mereka akan melibatkan permainan lima lawan lima yang dimainkan dalam empat kuarter 10 menit, dengan jeda 20 menit di antara masing-masing untuk memberi pemain istirahat.

Polda Bali Gelar Nobar Semifinal Timnas Indonesia Vs Uzbekistan di Gedung Presisi

Para ilmuwan mengatakan celana pendek dan sepatu bot juga harus diganti dengan pakaian antariksa Apollo yang besar dan kuat, dengan fitur pendingin futuristik terpasang di dalamnya.

Tidak hanya itu, wasit akan berbentuk teknologi VAR daripada manusia tradisional, mengutip dari situs Daily Mail, Jumat, 21 Juli 2023.

Pemkot Solo Siapkan Nobar Laga Timnas Indonesia di Depan Balai Kota

Itu karena wasit hologram akan berpatroli di lapangan sebagai bagian dari penglihatan, mengibarkan bendera merah dan kuning virtual yang dapat ditampilkan.

"Ilmuwan dan insinyur memainkan peran penting dalam memajukan dunia di sekitar kita dan membentuk masa depan, dan ini meluas ke eksplorasi ruang angkasa yang maju, yang akan membutuhkan kecerdikan sebanyak mungkin anak muda dengan keterampilan yang tepat di masa depan," kata Brian David Johnson.

Bumi dilihat dari Bulan.

Photo :
  • New Scientist

Dengan misi Lunar 2025 yang akan datang untuk membuat kolonisasi bulan selangkah lebih dekat, hanya masalah waktu sampai kita mulai berpikir tentang bagaimana kita merekayasa aspek kehidupan saat ini, seperti hobi dan olahraga, untuk bulan di masa depan.

Para ahli percaya bahwa pertandingan bulan harus dipotong lebih dari separuh waktu sehingga pemain dapat memprioritaskan keselamatan mereka di tengah lingkungan Bulan yang asing.

Interval dua puluh menit akan memungkinkan tim untuk mengisi bahan bakar, memulihkan, bahkan memperbaiki peralatan yang sangat penting, tidak hanya untuk berkembang dalam game tetapi juga bertahan hidup di permukaan Bulan.  

Ini bisa termasuk tangki oksigen, sistem komunikasi, dan alat pengatur suhu yang semuanya dibangun di dalam setelan tersebut.

Setelan sepakbola akan dibuat lebih ramping dari versi yang dikenakan oleh astronot Apollo, dengan fleksibilitas tambahan untuk pergerakan yang lebih mudah di lapangan. 

Para ilmuwan bahkan memperhitungkan langkah-langkah pembatasan keringat - menunjukkan bahwa kain flanel harus disimpan di dalam pakaian untuk menyerap tetesan.

Dalam visi IET, semua pertandingan akan berlangsung pada siang hari waktu Bulan untuk memaksimalkan visibilitas dan menghindari bayangan besar di lapangan.

Baca berita Soccertainment setiap hari di sini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya