Pakai Celana Gambar Spongebob, Kiper Timnas Iran Kena Sanksi

Penjaga gawang Persepolis, Sosha Makani
Sumber :
  • Eurosport.com

VIVA.co.id –  Hukuman larangan bermain, didapat pesepakbola asal Iran, Sosha Makani, karena alasan yang tidak lazim. Kiper yang bermain untuk Persepolis itu dihukum karena gaya berpakaiannya.

Nilai 3 Artefak Langka Zaman Majapahit yang Dicuri Capai Rp 46 Miliar

Sosha, yang juga kper tim nasional Iran, dilarang bermain di kompetisi domestik selama enam bulan lantaran kedapatan menggunakan celana bergambar film kartun 'Spongebob', yang diunggahnya ke media sosial.

Sosha Makani wearing yellow trousers

Sri Mulyani Buka Suara soal Warga Beli Sepatu Rp10 Juta, Kena Pajak Rp31 Juta

"Sosha ditangguhkan selama enam bulan karena menggunakan celana kuning bergambar Spongebob," ujar seorang sumber, dikutip The Guardian.

Hukuman tersebut menuai banyak protes, salah satunya dari kalangan aktivis. Mereka menilai hukuman tersebut tidak patut diberikan karena menganggap pemerintah terlalu mencampuri hak pribadi seseorang.

Pameran Otomotif Berubah Jadi Tragedi, 5 Orang Ditabrak Mobil Listrik

Seorang anggota federasi sepakbola Iran mengatakan, Makani telah menolak dimintai keterangan terkait hal ini. "Kami mengambil keputusan ini karena penampilannya dan dampaknya bisa berakibat negatif pada masyarakat," ucapnya.

Iran memang terkenal dengan peraturannya yang hanya berlaku di negaranya sendiri. Seperti yang pernah terjadi pada salah satu artis, Taraneh Alidoost, dia dikecam oleh kelompok garis keras lantaran memiliki tato di lengan kirinya. Kemudian, muncul seruan artis ini dilarang muncul di layar kaca.

Pihak berwenang beralasan, para tokoh publik figur yang tidak mengenakan pakaian yang sesuai budaya, atau apapun yang bertentangan dengan budaya mereka, terlebih diunggah di media sosial, akan berdampak negatif bagi masyarakat umum.

Laporan: Anang Fajar Irawan

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya