10 Ucapan Mourinho yang Kontroversial dan Bikin Heboh

Manajer Manchester United, Jose Mourinho
Sumber :
  • Action Images via Reuters / John Sibley Livepic

VIVA.co.id - Manajer Chelsea, Jose Mourinho tak diragukan lagi merupakan juru taktik jenius dengan segudang pengalaman. Namun, karier cemerlangnya pun tak bisa dilepaskan dari berbagai hal kontroversial yang menyeretnya.

Ucapan-ucapan yang terlontar dari mulut The Special One tak jarang membuat kuping pelatih atau pemain rival panas. Salah satunya, ketika Rafael Benitez menjuarai Piala Dunia Antarklub bersama Inter, eks klub Mourinho.

Selain itu, dia juga pernah melontarkan nada-nada minor kepada mantan pelatih Barcelona, Josep Guardiola. Berikut ucapan Mourinho yang kontroversial dan bikin heboh, sebagaimana dinukil dari Purelyfootball:

1. Kepada Frank Rijkaard

"Kisah saya sebagai manajer tak bisa dibandingkan dengan Frank Rijkaard. Trofi dia nol, sedangkan saya menorehkan banyak," ucap Mou, merujuk pada persaingan dengan Rijkaard yang saat itu membesut Barcelona.

Dikalahkan Fenerbahce, Mourinho Kecewa dengan Permainan MU



*Ke halaman selanjutnya




2. Haramkan Liga Europa


"Saya tak ingin memenangi Liga Europa. Itu akan menjadi kekecewaan yang amat mendalam. Saya tak ingin para pemain saya merasa Liga Europa adalah kompetisi kami," kata Mourinho, yang memenangi Liga Champions dengan dua klub berbeda.

#3 - On winning the Europa League



3. Usai mengalahkan Manchester United di Liga Champions

"Saya paham kenapa dia (Alex Ferguson) agak emosional. Dia memiliki para pemain top dunia dan mereka harusnya bisa tampil jauh lebih baik dari itu. Anda akan sedih jika tim Anda didominasi oleh tim yang dibangun dengan 10 persen bujet," kata Mou.

Ini Lawan Chelsea dan Liverpool di Babak 2 Piala Liga

#4 - On beating Manchester United in the Champions League



4. Saat memutuskan hijrah dari Porto ke Chelsea

"Jika saya ingin pekerjaan mudah, saya akan bertahan di Porto. Kursi biru yang indah, trofi Liga Champions, Tuhan, dan setelah Tuhan, saya," ucap Mourinho, yang bergabung dengan Chelsea usai membawa Porto juara Liga Champions 2003-04.

#5 - On leaving Porto for Chelsea



5. Perseteruan dengan eks Direktur Olahraga Catania, Pietro Lo Monaco

"Saya tak tahu siapa Lo Monaco. Saya pernah dengar Bayern Monaco (bahasa Italia Bayern Munich), GP Monaco, Monaco Tibet (biksu), dan daerah Monaco. Selebihnya, saya tak pernah dengar," kata The Special One, yang saat itu membesut Inter Milan.

Mourinho Tuntut MU Cepat Beradaptasi dengan Gayanya

#6 - On his bust-up with former Catania sporting director Pietro Lo Monaco



6. Setelah Rafa Benitez menjuara Piala Dunia Antarklub bersama Inter

"Saya pikir dia akan berterima kasih kepada saya atas titel yang saya berikan untuknya. Fans Inter akan memberi tahu Anda bagaimana mereka merasakan itu," ucap Mourinho, yang posisinya digantikan Rafael Benitez usai hengkang.





7. Usai Real Madrid disingkirkan Barcelona di Liga Champions

"Satu hari, saya ingin dia (Josep Guardiola) memenangi kompetisi ini dengan cara pantas. Jika saya beritahu UEFA apa yang ada di pikiran saya, juga yang saya rasakan, karier saya akan berakhir sekarang. Saya hanya akan bertanya dan berharap nantinya akan mendapat respons: Kenapa?" ucap Mou.





8. Ketika Asier del Horno diusir wasit akibat "ulah" Lionel Messi

"Bagaimana Anda menyebut curang dalam Bahasa Catalan?" kata Mourinho.

#9 - On Asier del Horno s sending off and Lionel Messi s involvement in it



9. Tentang krisis cedera yang melanda Chelsea

"Ini seperti memiliki selimut yang terlalu kecil. Anda menariknya agar badan bisa hangat, tapi kaki Anda malah kedinginan. Saya tak bisa membeli selimut yang lebih besar, karena supermarket tutup. Tapi, selimut saya terbuat dari kasmir," kata dia.

#10 - On a Chelsea injury crisis

10. Soal telur dan omelet

"Gaya bermain kami sangat penting. Tapi ini hanya soal omelet dan telur. Tidak ada telur, tidak ada omelet. Tergantung kualitas telurnya. Di supermarket, Anda bisa memilih telur kelas satu, dua atau tiga. Dan sebagian telur lainnya lebih mahal, jadi Anda bisa mendapatkan omelet yang bagus. Ketika Anda tidak mendapat telur kelas satu, maka Anda dalam bahaya." ucap Mou.

http://www.sbisoccer.com/images/2013/01/JoseMourinho-ISIPhotos.com_.jpg

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya