Skandal Panama Papers Pengaruhi Penampilan Messi?

Pemain Barcelona, Lionel Messi
Sumber :
  • REUTERS/Sergio Perez

VIVA.co.id – Mega bintang Barcelona, Lionel Messi tak kunjung menyumbangkan gol dalam dua pertandingan terakhir. Menurunnya performa pemain berjuluk La Pulga terjadi usai skandal Panama Papers menyeruak ke publik, Senin, 4 April 2016.

Kisah Haru Anak Difabel Ingin Jumpa Bintang Barcelona

Panama Papers merupakan kasus di mana nama Messi tersangkut di dalamnya. Mereka yang ada dalam daftar yang dirilis Konsorsium Jurnalis Investigasi Internasional (ICIJ) dituduh melakukan pengemplangan pajak.

(Baca juga: Messi Disebut Terjerat Kasus Panama Papers)

Rumah Legenda Barcelona Kemalingan, Pencuri Ambil Vodka

Usai daftar tokoh yang terlibat Panama Papers dirilis, Messi bermain dalam dua pertandingan bersama klub asal Catalan. Di pertandingan lalu, pemain asal Argentina itu sama sekali tak menyumbangkan sebiji gol pun.

Melawan Atletico Madrid di leg pertama babak perempatfinal Liga Champions, Rabu, 6 April 2016, Messi tak mampu menunjukkan tajinya. Meski Barcelona menang 2-1, namun dia kesulitan membobol gawang lawan yang dijaga oleh Jan Oblak.

Cap Separatis Terhadap Pique oleh Publik Spanyol Berlanjut

Berlanjut empat hari kemudian, Barcelona bertandang ke Stadion Anoeta, markas Real Sociedad. Lagi-lagi, La Pulga tak mampu menambah pundi-pundi golnya di La Liga yang sejauh ini jumlahnya 22.

Kekhawatiran ini sebenarnya sudah diantisipasi oleh keluarga Messi. Tak berselang lama daftar Panama Papers dipublikasikan, mereka langsung mengeluarkan sanggahan dan kecaman.

"Informasi ini didasarkan hanya pada dugaan dan dokumen parsial dan bias. Dipromosikan (sengaja) dengan nama Messi dan reputasinya sebagai pemain," demikian pernyataan resmi keluarga Messi dilansir Football Espana.

(Baca juga: Keluarga Messi Marah Soal Berita Penggelapan Pajak)

Dini hari nanti, Blaugrana akan melawat ke kandang Atletico, Vicente Calderon dalam leg kedua babak perempatfinal. Tiket ke babak selanjutnya sudah dalam genggaman, namun bukan berarti mereka bisa bersikap tenang, karena tuan rumah bisa saja tampil mengejutkan.

Kembalinya ketajaman Messi tentu saja amat diharapkan. Setidaknya, dengan sumbangsih besarnya, Barcelona bisa sedikit ringan menjalani laga krusial tersebut. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya