De Gea Ukir Rekor Baru Bersama Spanyol

Penjaga gawang Manchester United, David De Gea.
Sumber :
  • Reuters / Jason Cairnduff

VIVA.co.id – Kiper tim nasional Spanyol, David de Gea sukses mengukir rekor baru. Menjaga gawang tetap bersih dari kebobolan di pertandingan melawan Republik Ceko di Piala Eropa 2016 lalu membuatnya sejajar dengan kiper legendaris Inggris, Gordon Banks.

Mengintip Kiprah Gemilang Legenda dan Bintang Real Madrid

Catatan rekor ini menurut Marca dihitung dari empat pertandingan yang memperebutkan poin. Seperti Piala Eropa dan kualifikasi Piala Eropa. Dari kedua kesempatan itu, total pemain berusia 25 tahun sukses menjaga gawangnya tak kebobolan.

(Baca juga: Posisi De Gea di Timnas Spanyol Terancam karena Pesta Seks)

David de Gea Plans to Join Saudi Arabian Club Al-Shabab

Pertandingan pertama yang dilakoninya saat La Furia Roja ditantang Luksemburg, di mana mereka menang 4-0. Dia kembali diturunkan oleh pelatih Vicente Del Bosque ketika menang 1-0 atas Makedonia.

Dan di pertandingan terakhir Grup C kualifikasi Piala Eropa 2016 melawan Ukraina De Gea kembali bermain. Ketika itu Spanyol menang 1-0. Rekor pelengkapnya terjadi ketika La Furia Roja mengalahkan Republik Ceko dengan skor 1-0.

Comeback Sensasional! David de Gea Bakal Gabung ke Klub Liga Arab Saudi Al Shabab

Jika dibandingkan dengan seniornya, yakni Iker Casillas, rekor De Gea jauh lebih baik. Sebab, eks kiper Real Madrid tersebut mengalami kebobolan dua kali di empat pertandingan yang memperebutkan poin.

Sedangkan kiper legendaris Spanyol, Andoni Zubizarreta memiliki jumlah kebobolan yang lebih buruk lagi. Pemegang 126 kali penampilan bersama La Furia Roja tersebut mesti rela gawangnya dibobol empat.

(Baca juga: Isu Skandal Seks De Gea Tak Pengaruhi Fokus Timnas Spanyol)

Peluang De Gea untuk semakin menjauhi para seniornya tersebut cukup terbuka. Syaratnya, dia mesti kembali bermain gemilang tatkala menjaga gawangnya dari gempuran Turki pada Sabtu 18 Juni 2016 mendatang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya