20 Fakta Menarik Seputar Tim-tim Premier League 2016-17

Kapten Leicester City, Wes Morgan (kiri) dan Zlatan Ibrahimovic.
Sumber :
  • Reuters / John Sibley
VIVA.co.id
Rekor Buruk Mourinho di MU
- Premier League musim 2016-17 akan dimulai akhir pekan ini, Sabtu 8 Agustus 2016. Di laga perdana, juara bertahan Leicester City akan menghadapi tuan rumah Hull City di KCOM Stadium.

MU Mainkan Mkhitaryan Lagi, Mourinho Tidak Puas

Leicester jelas punya tugas berat untuk mengulang kesuksesan musim lalu. Apalagi, tim-tim besar serius berbenah menyambut musim baru, dengan mendatangkan pelatih dan pemain top.
Liverpool Tunjuk Direktur Sepakbola untuk Pertama Kali


Manchester United, Manchester City, Arsenal, Liverpool dan Chelsea masih menjadi kandidat terkuat untuk menjadi juara. Sebelum menyambut musim ini, ada baiknya kita menyimak fakta-fakta menarik seputar tim yang akan berlaga.

Berikut fakta-fakta soal tim-tim peserta Premier League musim ini, berkaca dengan hasil yang diraih di musim lalu, seperti dilansir Opta :

84,2 persen - Arsenal menciptakan umpan terbanyak (21.249 umpan) dengan akurasi 84,2 persen di musim lalu. Mesut Oezil menjadi pemain dengan statistik terbaik, dengan 19 assist, 146 peluang, dan 1.964 umpan yang sukses.

67 -
Bournemouth mencatat kebobolan terburuk kedua (67 gol) di musim 2015-16. Tim besutan Eddie Howe tentunya ingin memperbaiki catatan di lini belakang, di musim keduanya di kompetisi teratas Inggris.


111 -
Joey Barton mencatat tekel terbanyak di Championship (111 tekel) saat membawa Burnley juara di kasta kedua Inggris musim lalu. Namun, mantan pemain Manchester City ini telah memilih untuk hengkang ke Glasgow Rangers.


20 -
Chelsea tercatat sebagai tim no-20, atau tim terburuk dalam total jumlah blok,
clearance
, dan
interception
(1.448). Tentunya, manajer Antonio Conte punya tugas berat untuk memperbaiki catatan tersebut di musim ini.


5-
Empat pemain Crystal Palace (Scott Dann, Yannick Bolasie, Yohan Cabaye, dan Connor Wickham) tercatat sebagai pemain Palace dengan gol terbanyak musim lalu. Masing-masing pemain ini hanya mampu mencetak 5 gol.





394 -
Everton tercatat sebagai tim yang tersering kedua, yang menerima tembakan musim lalu (394 kali). Manajer anyar The Toffees, Ronald Koeman punya tugas berat untuk memperbaiki lini belakang timnya.


559 -
Hull City menciptakan 559 peluang musim lalu di Championship, yang menjadi catatan terbaik dibandingkan tim lain. Namun, The Tigers hanya menempati posisi 19 dari 24 tim jika berbicara soal akurasi.


175 & 156 -
N'Golo Kante tercatat sebagai pemain dengan tekel terbanyak (175) dan
interception
(156) saat Leicester menjuarai Premier League musim lalu. Sayangnya, Kante sudah memilih hengkang ke Chelsea.


8 -
Liverpool finis di posisi 8 di Premier League musim 2015-16. Meskipun performa mereka membaik di bawah kendali Juergen Klopp, The Reds tak pernah finis seburuk ini di Premier League.


0 -
Tak ada satu pun pemain Manchester City yang menerima kartu merah musim lalu. Mampukah mereka tetap bermain bersih di bawah kendali Pep Guardiola?


293 -
Manchester United tercatat sebagai tim dengan peluang terendah di Premier League musim lalu (293 peluang, tidak termasuk peluang diblok).


31 -
Middlesbrough tercatat sebagai tim dengan pertahanan terbaik di Championship musim lalu. The Boro hanya kebobolan 0,67 gol per pertandingan (total 31 gol).


6 -
Southampton sukses mencatat rekor terbaik mereka, dengan finis di posisi 6 Premier League musim lalu. Claude Puel yang menjadi suksesor Ronald Koeman punya tugas mempertahankan rekor apik ini.




18,7 persen
- Stoke City meraih persentase umpan silang terendah musim lalu (18,7 persen). Padahal, The Potters punya pemain seperti Marko Arnautovic dan Xherdan Shaqiri di lini depan.


15 gol -
Jermain Defoe tercatat sebagai
top scorer
Sunderland musim lalu, dengan 15 gol. Gol-golnya membantu The Black Cats selamat dari degradasi.


1.601 & 99 -
Ashley Williams tercatat sebagai pemain Swansea dengan umpan sukses (1.601) dan i
nterception
terbanyak (99) di musim lalu.


3 -
Tottenham Hotspur meraih posisi terbaik di era Premier League (posisi 3). Namun, ini tetap terasa mengecewakan. Mereka disalip rival sekota, Arsenal di akhir kompetisi.


1 -
Untuk kali pertama, Watford berhasil bertahan di kompetisi teratas Inggris. Sebelumnya, mereka langsung turun kasta di musim 1999-00 dan 2006-07.


21,7 persen -
West Bromwich Albion tercatat sebagai tim yang paling sering memainkan umpan panjang musim lalu (21,7 persen dari total umpan).


9, 12 & 119 -
Dimitri Payet tercatat sebagai pemain West Ham United yang tak tergantikan di musim lalu. Pemain internasional Prancis ini menjadi
top scorer
West Ham, bersama Andy Carroll dengan 9 gol. Dia juga menciptakan paling banyak peluang (119) dan
assist
terbanyak (12).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya