Selfie Terbaru di Planet Mars, Ada yang Beda Lho

Selfie Robot Curiosity di lereng gunung Planet Mars
Sumber :
  • www.jpl.nasa.gov

VIVA – Swafoto atau selfie sudah menjadi tren bagi pengguna smartphone. Berbagai gaya selfie terunik coba dikreasikan oleh pengguna. Tak ketinggalan tren, robot penjelajah Badan Antariksa Amerika Serikat di Planet Mars, Curiosity juga mengambil selfie. Belum lama ini, robot itu berselfie dengan latar lingkungan Planet Merah.  

Merinding, Beredar Gambar yang Diduga Penampakan Seorang Youtuber Cantik Swafoto dengan Setan

Selfie ini berbeda dengan selfie yang diambil Curiosity pada 2013. Pada selfie lima tahun lalu, robot itu menampilkan instrumen kamera saja, sedangkan pada selfie kali ini, Curiosity menampilkan seluruh tubuhnya.

Curiosity mengambil selfie di Vera Rubin Ridge, sebuah titik dengan ketinggian 300 meter di lereng Gunung Sharp, Planet Mars. Dalam jepretan selfie itu, terlihat di belakang robot penjelajah itu merupakan lereng gunung. Robot ini telah beberapa bulan menyelidiki lereng tersebut. 

NASA Cari Volunteer untuk Tinggal 1 Tahun di Mars, Ini Syaratnya

Dikutip dari situs NASA, Senin 5 Februari 2018, selfie itu diambil pada 23 Januari 2018 dengan menggunakan Mars Hand Lens Imager (MAHLI), instrumen pada Curiosity. 

Robot tersebut telah menyelidiki area Vera Rubin Ridge, beberapa bulan belakangan ini. Dan beberapa pekan ke depan, tim misi Curiosity akan mengarahkan robot penjelajah ini ke lereng yang ada di selfie tersebut. Tujuannya, kata pejabat NASA, Curiosity akan memeriksa deposit kaya tanah liat.

Planet Tetangga Bumi akan Hilang 2 Minggu

"Dasar gunung (Sharp) memberikan akses ke lapisan yang terbentuk selama jutaan tahun lalu. Lapisan ini (lapisan bawah) terbentuk dengan hadirnya air, yang membentuk lapisan sedimentasi di dalam Kawah Gale," jelas pejabat NASA dalam keterangannya dikutip laman Space, Senin 5 Februari 2018. 

Curiosity mendarat di permukaan Mars pada Agustus 2012. Curiosity mendarat di lantai Kawah Gale. Sejak September 2014, robot NASA itu mendaki lereng Gunung Gale. Curiosity mengambil selfie di Mars pertama kali pada November 2013.  

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya