NASA Temukan Lembah Mirip Kecebong di Mars

Lembah yang ditemukan di Mars.
Sumber :
  • NASA

VIVA – Badan Antarika Amerika Serikat atau NASA, berhasil menemukan sejumlah fenomena alam yang ada di Planet Mars. Dalam situs resminya, NASA telah merilis sejumlah penampakan fenomena alam yang ada di daratan Mars, salah satunya, sebuah lubang berbentuk anak katak atau kecebong.

Planet Tetangga Bumi akan Hilang 2 Minggu

NASA menduga penampakan bentuk kecebong yang diabadikan Mars Reconnaissance Orbiter (MRO) di daratan Mars itu merupakan sebuah lembah yang dilengkapi sungai.

"Ini menunjukkan kawah yang berdampak menakjubkan seperti kecebong karena lembah yang diukir oleh air yang biasa mengisinya," kata NASA seperti dikutip VIVA, Jumat, 9 Februari 2018.

Geger Atmosfer Hijau Selimuti Planet Tetangga Bumi

Dengan temuan ini, diyakini memperkuat dugaan bahwa di planet merah itu memang pernah ada air. Hanya saja, dalam temuan lembah berbentuk kecebong ini, belum bisa dipastikan apakah ekor pada kecebong adalah sungai tempat aliran air keluar lembah atau air yang masuk ke lembah.

"Seringkali sulit untuk membedakan antara saluran masuk dan saluran keluar, tapi air selalu mengalir menurun. Dalam kasus khusus ini, kita dapat menyimpulkan bahwa air mengalir ke luar karena kita memiliki informasi ketinggian medan yang diperlukan," kata NASA.

Ilmuwan Buat Ide Gila untuk Ciptakan Oksigen di Mars

Penampakan kecebong ini merupakan hasil pemetaan yang diproyeksikan pada skala 25 sentimeter (9,8 inci) per piksel. [Gambar gambar asli berukuran 32,9 sentimeter (12,9 inci) per piksel (dengan binning 1 x 1); benda-benda yang berada di urutan 99 sentimeter (38,9 inci) diatasi diselesaikan.] Utara habis.

"University of Arizona, Tucson, mengoperasikan HiRISE, yang dibangun oleh Ball Aerospace & Technologies Corp., Boulder, Colorado. Laboratorium Propulsi Jet NASA, sebuah divisi dari Caltech di Pasadena, California, mengelola Proyek Mars Reconnaissance Orbiter untuk Direktorat Misi Sains NASA, Washington," tulis NASA.

Ilustrasi koloni manusia di Planet Mars.

NASA Cari Volunteer untuk Tinggal 1 Tahun di Mars, Ini Syaratnya

Badan antariksa NASA saat ini ramai jadi perbincangan, karena mereka sedang mencari empat sukarelawan untuk menghabiskan satu tahun tinggal di Mars atau setidaknya ini

img_title
VIVA.co.id
23 Februari 2024