Fiber Optik Ibarat Jalan Tol dengan 20 Jalur

Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Anang Latif.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Bayu Nugraha

VIVA – Proyek Palapa Ring menyediakan kabel fiber optik yang memungkinkan penyediaan akses internet yang menjangkau Indonesia wilayah bagian Barat, Tengah dan Timur.

Cara PTT Pastikan SDM Kawasan Timur Indonesia Siap Hadapi Kemajuan Industri Telko

Proyek tersebut telah didukung oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika, melalui Balai Penyedia dan Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika, yang kini bernama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informatika.

Proyek ini ditargetkan rampung hingga 2019, di mana kecepatan internet yang cukup tinggi dengan 10 Mbps di wilayah pedesaan dan 20 Mbps di perkotaan.

Tol Langit Satria-1 akan Lengkapi Kinerja Palapa Ring

Direktur Utama Balai Penyedia dan Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika, Anang Latif mengatakan, fiber optik merupakan syarat utama untuk bisa menikmati layanan broadband atau internet cepat.

Bahkan, ia menyebut kalau fiber optik di proyek Palapa Ring ibarat jalan tol dengan 20 jalur. "Pasti nggak akan macet. Inilah yang dijamin pemerintah di awal tahun 2019 bahwa ibu kota provinsi di Indonesia bisa terkoneksi internet cepat," kata Anang, di Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau, Selasa, 6 Maret 2018.

Pesan Mahfud MD ke Pejabat Eselon I Kominfo: Tak Usah Gelisah, Tenang Saja

Dengan akses internet cepat bisa dijangkau di seluruh wilayah Indonesia, maka diharapkan tarif internet akan lebih murah.

Khusus Palapa Ring Barat, yang usai dirampungkan, total panjang kabelnya membentang lebih dari 2.200 kilometer yang dibangun oleh PT Palapa Ring Barat dan mulai operasional sejak 11 Februari 2018.

Sidang kasus korupsi BTS di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta

Jaksa Ungkap Chat Terdakwa Korupsi BTS Singgung Setoran Rp 40 Miliar ke Oknum BPK

Jaksa awalnya menyinggung percakapan dalam grup WhatsApp soal proyek Palapa Ring kepada terdakwa korupsi BTS Irwan, dan setoran ke oknum BPK berinisial AQ

img_title
VIVA.co.id
23 Oktober 2023