Fitur GIF Tak Ada Lagi di Instagram dan Snapchat

Dilarang Rasis.
Sumber :
  • http://2.bp.blogspot.com

VIVA – Fitur GIF dari Giphy telah dihapus sementara pada Snapchat dan Instagram karena dianggap beberapa penggunanya terlalu rasis. 

Video Toyota Calya Terjebak di Lumpur, Ada Cara Aman untuk Lolos

Hal ini menyebabkan pengguna kedua media sosial ini mengeluh. Bahkan, pihak Snapchat telah mengkonfirmasi bahwa GIF tidak ada lagi di fitur mereka sampai waktu yang belum ditentukan.

"Begitu kami sadar (tentang GIF rasis) maka kami menghapus GIF dan menonaktifkan Giphy sampai kami yakin hal tersebut tidak akan terjadi lagi. Kami menunggu tim Giphy untuk menindaklanjuti," bunyi pernyataan resmi Snapchat, dari situs Techcrunch, Minggu, 11 Maret 2018.

Video Anak Kecil Mengendarai Sepeda Motor, Ada Risiko Hukumnya

Instagram.

Mereka juga mengungkapkan bahwa GIF yang terdapat pada aplikasinya dimaksudkan bagi rating PG (parental guidance) atau dimaksudkan bagi usia 13 tahun hingga dewasa yang boleh menggunakannya.

Akibat Rem Mendadak, Pengendara Motor Tabrak Pikap hingga Terjungkal

Namun, fitur tersebut ternyata menggunakan kata-kata yang bernada rasis. Giphy sebagai pembuat GIF juga telah menghapus fiturnya di Instagram. Pihak Instagram mengatakan bahwa konten tersebut sudah tidak ada lagi dalam fitur mereka.

"Konten seperti ini sudah tidak ada. Kami telah memberhentikan integrasi kami dengan Giphy selama mereka melakukan investigasi terhadap masalah ini," demikian Manajemen Instagram memaparkan.

Namun demikian, pihak Giphy justru menyalahkan bug yang memungkinkan GIF menjadi ofensif.

Snapchat - aplikasi sosial media

"Seorang pengguna menemukan stiker GIF yang ofensif pada library kami, dan kami langsung menghapusnya. Setelah melakukan investigasi, stiker tersebut bisa diakses karena bug yang ada di konten kami mempengaruhi stiker," klaim pihak Giphy.

Mereka mengklaim telah memperbaikinya dan memoderasi ulang semua GIF. Selain itu, pihak Giphy juga telah mereview setiap stiker GIF, dan rencananya, akan selesai dalam waktu tidak lama.

"Kami mengaku bertanggung jawab atas kejadian ini dan meminta maaf bagi semua orang yang merasa tersinggung," tegas Giphy.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya