Cegah Lembur, Pemerintah Korsel Matikan Paksa Komputer

Ilustrasi komputer
Sumber :
  • www.pixabay.com/jonathansautter

VIVA – Lembur adalah hal yang lumrah dilakukan para pekerja, baik kantoran maupun pabrik. Dengan uang lembur, mereka bisa menaikkan kesejahteraan keluarga.

106 Hari Disandera karena Pajak, Han Jung Kuk Minta Tolong Sri Mulyani

Maka, tak heran apabila banyak dari mereka yang sengaja bekerja hingga larut malam. Namun, hal itu akan segera berubah di Seoul, Korea Selatan.

Dilansir dari Theverge, Sabtu 24 Maret 2018, pemerintah Kota Seoul berencana mengurangi waktu lembur dari karyawan mereka.

Kesetaraan Gender Dalam Pekerjaan Bisa Bikin Untung Perusahaan

Cara yang dilakukan cukup ekstrem, yakni dengan mematikan secara paksa setiap komputer yang digunakan untuk bekerja.

Agar para pekerja tidak kaget, maka program ini dijalankan dalam dua tahap. Langkah pertama yakni mematikan komputer setiap Jumat pekan kedua dan keempat, dan akan diberlakukan mulai 30 Maret 2018.

Awas, Osteoarthritis Bisa Menyerang Pekerja Kantoran Berusia Muda

Tahap kedua akan dilaksanakan Mei 2018, yakni mematikan semua komputer para pekerja di gedung pemerintahan setiap Jumat.

Berdasarkan hasil survei, jumlah lembur para pekerja di kantor pemerintahan Korsel mencapai 2.738 jam per tahun. Sementara, angka rata-rata di negara lain hanya 1.763 jam.

kerja lembur

Hati-hati, Kerja Lembur Bisa Bikin Stres dan Gangguan Jantung

Kerja lembur juga berkaitan erat dengan tekanan darah tinggi, stres, dan pola makan tidak sehat yang merupakan faktor risiko penyakit jantung.

img_title
VIVA.co.id
30 September 2021