Grab Caplok Uber, Apakah Tarif Berubah

Ojek online.
Sumber :
  • REUTERS/Beawiharta

VIVA – Akuisisi Grab terkait operasional Uber di Asia Tenggara bukan hanya berdampak pada mitra pengemudi saja. Penumpang juga menjadi perhatian dari proses akuisisi tersebut. Grab menegaskan tidak ada perubahan dan operasional layanan Grab maupun Uber. Layanan akan berlangsung seperti biasa. 

Sopir Taksi Online yang Todong Penumpang Wanita dan Minta Rp 100 Juta Ditangkap saat Tidur Pulas

Setelah akuisisi selesai, akan ada masa transisi sampai 8 April 2018. Pada tanggal tersebut, Grab dan Uber akan menyatu, terintegrasi. 

"Kami berharap upaya penyatuan Uber dan Grab dalam satu aplikasi akan memberikan pengalaman yang semakin baik dengan lebih banyak mitra pengemudi serta dengan pilihan kendaraan yang ada di aplikasi," ujar Grab dalam keterangannya di situs perusahaan, dikutip Selasa 27 Maret 2018. 

Viral Curhat Penumpang Dipaksa Transfer Uang Rp100 Juta oleh Driver Taksi Online

Bicara penumpang maka bicara juga soal tarif. Sebagaimana jamak diketahui, tarif layanan Uber lebih terjangkau dibanding Grab maupun Gojek. Grab menjelaskan, tarif tidak berubah dan berjalan seperti biasanya. 

"Tidak. Untuk layanan dengan tarif tetap, seperti Grabcar dan Grabbike," ujar Grab. 

Rencana Merger dengan Gojek dan Grab Bakal Terealisasi? GOTO Buka Suara

Perusahaan berbasis di Singapura ini mengatakan, tarif layanan setelah akuisisi akan tetap dihitung berdasarkan jarak, biaya tambahan tetap berlaku berdasarkan permintaan perjalanan dan ketersediaan armada pada waktu tertentu, kondisi macet dan estimasi waktu perjalanan sampai tujuan. 

"Ini adalah perhitungan yang adil bagi mitra pengemudi karena mereka melewati beragam kondisi jalan seharian," jelas Grab. 

Kantor Uber dan Grab

Sedangkan bagi penumpang layanan taksi daring, Grab mengatakan, pasca akuisisi penumpang akan membayar sesuai argo yang dipasang oleh perusahaan taksi. "Tarif untuk layanan lainnya seperti GrabHitch akan tetap mengikuti nominal tarif biasanya," ujar Grab. 

Grab menegaskan selalu berupaya untuk fokus baik pada mitra pengemudi maupun penumpang dan tetap pada misi untuk mengedepankan beragam layanan transportasi yang aman dan terjangkau di Asia Tenggara. Penumpang punya pilihan transportasi sesuai kebutuhan masing-masing, baik dari segi kecepatan, biaya dan kenyamanan. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya