Logo BBC

Satelit China Tiangong-1 akan Jatuh ke Bumi Hari Senin

Tiangong-1
Tiangong-1
Sumber :
  • bbc

Puing-puing dari stasiun luar angkasa Cina tampaknya akan jatuh ke Bumi pada Senin (02/04), seperti disampaikan oleh para ilmuwan yang memantaunya.

Badan luar angkasa Cina mengatakan stasiun akan kembali memasuki atmofie bumi dalam waktu 24 jam - sejalan dengan perkiraan Badan Ruang Angkasa Eropa ESA.

Satelit Tiangong-1 merupakan bagian dari program luar angkasa Cina yang ambisus, dan merupakan prototipe untuk stasiun berawal pada 2011.

Satelit tersebut memasuki orbitnya pada 2011 lalu dan lima tahun kemudian mengakhiri misinya, dan diperkirakan akan jatuh kembali ke Bumi.

Proyeksi terakhir dari Esa menunjukkan satelit akan jatuh Senin 2 April, pada pukul 07:25 waktu Beijing, meskipun rentang waktunya masih "sangat bervariasi" - antara Minggu sore sampai Senin pagi.

Sebagian stasiun tampaknya akan terbakar ketika menyentuh atmosfer, namun beberapa puingnya dapat bertahan dan jatuh ke permukaan Bumi.

Kantor Ruang Angkasa Berawak Cina mengatakan melalui akun media sosialnya bahwa jatuhnya pesawat ruang angkasa "tidak menabrak Bumi dengan keras seperti yang terjadi dalam film fiksi ilmiah, namun berubah menjadi hujan meteor yang luar biasa".