Fosil Dinosaurus Berusia 66 Juta Tahun Ditemukan di Daerah Terpencil

Harrison Duran, mahasiswa biologi di Universitas California dan fosil dinosaurus
Sumber :
  • Fossil Excavators

VIVA – Bgian dari tengkorak dinosaurus yang usianya diperkirakan mencapai 66 juta tahun yang lalu telah ditemukan. Fosil itu merupakan tanduk bagian kiri, yang letaknya di dekat alis. Awalnya kerangka itu dikira kayu yang telah membatu.

Aktivis Iklim Kembali Beraksi, Kini Targetkan Fosil Dinosaurus Berusia Jutaan Tahun di Jerman

Dilansir dari situs The New York Times, Sabtu, 27 Juli 2019, kerangka itu ditemukan di daerah terpencil, North Dakota, Amerika Serikat. Tim itu memang ditugaskan untuk mencari fosil, dan yang baru saja mereka temukan ini diperkirakan tengkorak dengan jenis triceratop.

Hal ini diceritakan oleh mahasiswa biologi dari University of California, Harrison Duran. Pencarian dilakukan dalam dua pekan, tapi baru empat hari tim sudah menemukan sebagian kerangka. Sebelum bergabung di tim pencarian, ia ditolak magang di La Brea Tar Pits and Museum.

Fosil Dinosaurus Kerabat Tyrannosaurus Rex Ditemukan di Inggris

Salah satu profesor yang berada dalam tim tersebut, Michael Kjelland menyatakan bahwa di lokasi itu mereka sudah menemukan tiga tulang triceratop. Tapi menurutnya, akan membutuhkan waktu lama untuk menemukan seluruh bagian secara lengkap.

Sepanjang perjalanan, Kjelland telah menemukan beberapa bagian triceratop, termasuk fosil yang hampir sepenuhnya sempurna. Fosil itu adalah Gundy yang pertama kali ditemukan pada 1992.

Ilmuwan Israel Temukan Kanker di Tulang Fosil Dinosaurus

Kembali pada Duran. Sedari kecil ia memang menyukai segala hal tentang dinosaurus, "Saya selalu penasaran tentang hal yang telah hilang di dunia. Saya ingin mempelajari periode sebelum manusia datang, sangat penting memahami kehidupan di bumi," katanya.

Duran dengan Kjelland bertemu beberapa tahun yang lalu di sebuah konferensi bioteknologi. Keduanya juga telah bekerja sama dalam beberapa proyek, termasuk memulai sebuah organisasi nirlaba yang disebut dengan Fossil Excavators.

Fosil dinosaurus yang dicuri 4 orang Amerika dan dijual ke China

4 Orang Amerika Curi Fosil Dinosaurus Senilai Rp15 Miliar dan Dijual ke China

Empat warga Amerika Serikat menghadapi tuntutan hukum karena dituduh menjual fosil dinosaurus senilai lebih dari $1 juta atau sekitar Rp15,8 miliar ke China.

img_title
VIVA.co.id
25 Oktober 2023