Layanan Telekomunikasi Dijamin Lancar Selama Natal dan Tahun Baru 2020

Pengecekan salah satu perangkat Base Transceiver Station (BTS) milik operator seluler.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Dewi Fajriani

VIVA – Pemerintah menjamin masyarakat bisa menikmati liburan Natal dan Tahun Baru 2020 dengan layanan telekomunikasi yang baik. Ditjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Kominfo telah melakukan pengukuran kualitas layanan telekomunikasi di beberapa lokasi.

Penumpang Bandara AP I Diprediksi Turun 45 Persen saat Nataru

Pengukuran kualitas layanan itu dilakukan di tempat-tempat  Kawasan Monas berdekatan dengan Gereja Katedral, lalu di Bandara Soekarno Hatta, Bandara Halim Perdana Kusuma, dan Taman Mini Indonesia Indah.

"Hasilnya disampaikan kepada operator untuk dilakukan optimasi jaringan sehingga masyarakat dapat menikmati layanan telekomunikasi yang berkualitas. Kementerian Kominfo akan terus melakukan pemantauan terhadap performansi jaringan operator seluler dalam menghadapi Hari Raya Natal Tahun 2019 dan Tahun Baru 2020, termasuk PT Telkom dalam penyediaan akses internet di titik-titik yang menjadi pusat konsentrasi massa," ujar pihak Ditjen PPI Kementerian Kominfo, dalam keterangannya, Minggu, 15 Desember 2019.

Perayaan Misa Natal, 316 Gereja Ibu Kota Dapat Pengamanan Khusus

Ditjen PPI juga menyebutkan beberapa kesiapan sejumlah operator menyambut Hari Raya Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

1. Telkomsel

Survei Kemenhub: Masyarakat Sadar Riskan Sekali Mudik saat Nataru

Telkomsel akan mengoptimalkan seluruh jaringan pada 533 titik dengan menyediakan 82 mobile BTS di titik komunikasi terpadat. Selain itu juga akan menyiapkan 324 Mobile Grapari dan 3716 outlet siaga yang menyediakan kartu perdana, layanan isi ulang pulsa, dan aktivasi layanan digital lainnya.

Selain itu juga pelanggan bisa mendapatkan layanan pesan instan, self service Grapari vurtual yang bisa berinteraksi secara langsung. Layanan ini bisa menjawab berbagai informasi seputar produk dan layanan Telkomsel selama 7x24 jam yang bisa diakses lewat aplikasi My Telkomsel, Line, Telegram, dan Facebook.

2. XL Axiata

Pihak XL akan mengerahkan 30 Mobile BTS. Mereka juga akan melakuka  persiapan di jalur tol Trans Jawa, Trans Sumatera, Pantura, Pansela, 300 titik pusat keramaian, tempat wisata, bandara, bis, stasiun, pelabuhan mall, dan tempat-tempat ibadah.

3. Indosat

Perusahaan ini melakukan pengukuran Quality of Service di sejumlah lokasi yang menjadi pusat keramaian. Beberapa diantaranya adalah stasiun, terminal, bandara, dan lokasi wisata.

4. Hutchison 3 Indonesia

Tri akan mengoptimalkan 160 titik penting dan pusat. Selain itu akan menambahkan 15 mobile BTS untuk mendukung layanan di jalan utama dan beberapa pusat keramaian di Pulau Jawa, termasuk bandara, stasiun kereta dan bus, pelabuhan laut dan kunjungan wisata. Layanan 3Store juga akan beroperasi normal selama libur Natal dan Tahun Baru.

5. Smartfren

Smartfren mengalokasikan 29 mobile BTS dengan 22 di antaranya terpasang dan 7 standby di lokasi/area regional.

Network Operations Centre atau NOC di Jakarta dan Surabaya akan dikerahkan pada H-14 dan H+14 untuk intensive care & monitoring seluruh element system. Menyiapakan engineer team, lengkap dengan kendaraan operasional dan Tools yang memadai pada H-7 dan H+7. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya