Batu Berlian Kini Bisa Dibuat Manusia dengan Mudah dan Cepat

Berlian buatan manusia
Sumber :
  • Sciencealert

VIVA – Berlian terbentuk secara alami di dalam Bumi selama miliaran tahun. Prosesnya membutuhkan lingkungan dengan tekanan dan suhu yang sangat tinggi, lebih dari 1.000 derajat Celcius. Tapi, baru-baru ini peneliti mampu membuat berlian hanya dalam hitungan menit dan pada suhu kamar.

Bobol Brankas Majikan, ART di Kota Malang Bawa Kabur Berlian dan Ratusan Juta Rupiah

Dilansir dari situs Science Alert, Jumat, 20 November 2020, untuk pertama kalinya berlian berhasil diproduksi di laboratorium tanpa tambahan panas. Temuan ini telah dipublikasikan di jurnal Small.

Berlian ini disebut Lonsdaleite. Jika berlian pada umumnya terstruktur dalam struktur kristal kubik, sedangkan Lonsdaleite terbuat dari atom karbon. Material ini bisa menghasilkan grafit hitam lunak dan berlian transparan serta dapat diatur memiliki struktur kristal heksagonal.

Samudra Tersembunyi Ditemukan di Perut Bumi, Tiga Kali Lebih Besar dari Lautan Biasa

Ahli kristalografi, Kathleen Lonsdale mempelajari struktur karbon menggunakan sinar-X. Lonsdaleite juga dianggap 58 persen lebih keras dari berlian biasa. Penemuan ini pertama kali ditemukan di Canyon Diablo, Arizona.

Sejumlah zat yang ditemukan itu telah didisintesis di laboratorium dengan memanaskan dan mengompresi grafit, menggunakan alat tekan bertekanan tinggi atau bahan peledak.

5 Fakta Menarik Gerhana Matahari Total pada 8 April 2024

Penelitian menghasilkan, Lonsdaleite maupun berlian biasa dapat dibentuk pada suhu kamar dan menerapkan tekanan tinggi. Banyak cara untuk membuat berlian, namun eksperimen hanya mengandalkan sebuah chip kecil dari karbon yang mirip grafit.

Tidak seperti teknik pembuatan lainnya, teknik ini tidak membutuhkan pemanas tambahan. Lonsdale menggunakan mikroskop elektron canggih dan sampel tersebut ternyata mengandung berlian.

Kemampuan membuat berlian pada suhu kamar dan hanya dalam waktu hitungan menit, memungkinkan berlian ini untuk diproduksi. Materialnya yang keras bisa digunakan untuk melapisi mata bor, sehingga bisa memperpanjang masa pakai.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya