3 Hal Ini Terjadi Jika Kamu Masuk ke dalam Black Hole

Lubang hitam atau black hole.
Sumber :
  • Russia Today

VIVA – Bagi kamu penyuka tentang ruang angkasa atau film bergenre fiksi ilmiah, barangkali sudah tidak asing dengan nama ‘black hole atau lubang hitam. Atau mungkin beberapa orang pernah mendengar black hole tapi belum tahu, apa sebenarnya black hole itu?

Langit Tetangga Indonesia Dilindungi Puluhan Jet Tempur Siluman

Black hole merupakan tempat di ruang angkasa di mana gravitasi menarik begitu banyak sehingga cahaya pun tak bisa muncul. Gravitasi di black hole sangat kuat sebab ia terjepit ke dalam ruang kecil yang bisa terjadi saat sebuah bintang sekarat.

Sampai sekarang, black hole dianggap sebagai tempat yang misterius. Alasannya karena ia diduga memiliki struktur ruang waktu sendiri yang terlepas dari realita lain. 

Militer Ukraina Bagikan Momen Penampakan UFO di Langit Kiev

Lubang hitam.

Photo :
  • Russia Today

Karena sifat misteriusnya, tak sedikit orang penasaran apa yang terjadi jika masuk ke dalam black hole. Apakah manusia dapat bertahan hidup ketika masuk ke sana? Dilansir VIVA dari Lithub, berikut 3 hal yang bisa terjadi jika kamu masuk ke dalam black hole

Karakuri, Teknologi yang Menggunakan Gravitasi
  1. Tidak ada cahaya sama sekali

Lubang hitam.

Photo :
  • Pixabay

Ada faktor tersendiri lubang ini diberi nama black hole. Kondisi tersebut disebabkan oleh gravitasi yang sangat besar. Maka dari itu, cahaya yang mengenainya akan terperangkap di sana dan menjadi gelap gulita. Besarnya gravitasi dapat mengakibatkan ruang menjadi sangat terdistorsi atau terganggu sehingga cahaya bahkan tidak dapat melarikan diri.

  1. Ada benda langit lain di sekitarnya

Cahaya ilustrasi.

Photo :
  • bowoprima.blogspot.com

Black hole rupanya dikelilingi oleh benda langit yang terbuat dari gas, debu, dan materi lain yang tidak bisa langsung tersedot ke sana bernama accretion disk. Benda ini tidak langsung masuk ke dalam black hole melainkan mengorbit dahulu menunggu giliran untuk terhisap. 

Meskipun dalam black hole gelap, tetapi sekitarnya dapat bersinar. Situasi ini terjadi ketika accretion disk saling bergesekan secara tipis namun dengan kecepatan tinggi yang kuat sampai materinya terkoyak. Kemudian, ia memancarkan banyak energi yang menghasilkan beberapa sumber cahaya paling kuat di alam semesta.

  1. Merobek tubuhmu

Ilustrasi jatuh dari langit

Photo :
  • pixabay

Seperti yang sudah dipaparkan, gravitasi dalam black hole sangat kuat. Kekuatan gravitasi inilah yang menyebabkan dirimu bisa tercabik-cabik saat melompat ke dalam black hole. Perbandingan seberapa kuat gravitasi black hole yaitu bayangkan perosotan di taman bermain; semakin tinggi, semakin curam saat turun. Tentu jatuh ke sana rasanya lebih curam daripada hanya bermain perosotan. 

Di sisi lain, ada ilmuwan yang mengatakan bahwa manusia masih bisa masuk ke black hole dan bertahan hidup. Situasi tersebut dapat terjadi saat titik gravitasi merobek kamu dan titik cahaya yang tidak bisa lepas dari black hole (bagian tepi black hole), tidaklah sama alias berada di tempat yang relatif berbeda. Titik gravitasi dapat berubah ke akar kubik massa sementara tepi black hole bisa berubah secara linier dengan massa.

Meskipun ada kemungkinan untuk selamat saat memasuki black hole, namun sampai saat ini belum ada manusia yang berhasil masuk ke sana.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya