Bukan Kecoa, Ini Hewan yang Paling Tangguh di Bumi

Tardigrade
Sumber :
  • The Conversation

Jakarta, 5 April 2024 - Kecoa terkenal dengan reputasi mereka sebagai hewan yang tangguh, mampu bertahan hidup di berbagai kondisi ekstrem. Tapi tahukah Anda bahwa ada makhluk lain yang jauh lebih tangguh: tardigrade?

Followers TikToker Gali Loss Melejit Buntut Konten Hewan Ngaji, Polisi: Dia Tak Berpikir Panjang

Tardigrade yang dijuluki "beruang air", adalah hewan mikroskopis yang mampu hidup di lingkungan yang tak terbayangkan bagi kebanyakan makhluk hidup. Mereka dapat mentoleransi suhu ekstrem dari -272 derajat Celcius hingga 149 derajat Celcius, serta ruang hampa udara dan radiasi tingkat tinggi.

Dikutip VIVA Tekno dari laman CBC, kemampuan luar biasa tardigrade ini membingungkan para ilmuwan. Salah satu teori kunci adalah kemampuan mereka untuk dehidrasi tubuh mereka hampir sepenuhnya.

Kapan Bumi Kiamat?

Saat dehidrasi, tardigrade memasuki keadaan dormansi di mana metabolisme mereka melambat hingga hampir berhenti. Dalam kondisi ini, mereka dapat bertahan hidup selama bertahun-tahun, bahkan berabad-abad.

Tardigrade

Photo :
  • Live Science
NASA Sebut Ada Lebih dari 5.000 Planet di Luar Tata Surya, Begini Penjelasannya

Ketika tardigrade terpapar air lagi, mereka rehidrasi dan kembali ke keadaan aktif. Kemampuan luar biasa ini memungkinkan tardigrade untuk hidup di hampir semua lingkungan di Bumi, dari gurun tandus hingga gunung berapi yang panas dan lautan dalam yang dingin.

Fakta Menarik Tentang Tardigrade:

1. Pertama kali ditemukan pada tahun 1773 oleh Johann August Ephraim Goeze.
2. Saat ini, terdapat lebih dari 1.300 spesies tardigrade yang telah diidentifikasi.
3. Ukuran tardigrade bisa mencapai 1,2 milimeter.
4. Mereka mampu hidup di hampir semua lingkungan di Bumi.
5. Tardigrade diakui sebagai salah satu makhluk paling tangguh di planet ini.

Para ilmuwan masih terus mempelajari tardigrade untuk menguak misteri ketahanan mereka. Penelitian difokuskan pada bagaimana tardigrade dapat bertahan hidup di suhu ekstrem, menahan radiasi tingkat tinggi
Bertahan hidup di ruang hampa udara, dan memperlambat metabolisme mereka secara drastis.

Mempelajari tardigrade dapat memberikan wawasan baru tentang biologi ekstrem dan mungkin membuka peluang baru untuk melindungi sel dan jaringan manusia dari kerusakan, serta mengembangkan bioteknologi baru.

Tardigrade

Photo :
  • Newscientist

Tardigrade adalah makhluk luar biasa yang telah berevolusi untuk bertahan hidup di kondisi ekstrem. Kemampuan mereka yang luar biasa untuk beradaptasi dan dehidrasi memungkinkan mereka untuk hidup di hampir semua tempat di Bumi.

Para ilmuwan terus mempelajari tardigrade untuk memahami rahasia ketahanan mereka dan membuka peluang baru bagi ilmu pengetahuan dan teknologi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya