Blog Foto Kim Jong-Il di Tumblr Jadi Favorit

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-il
Sumber :
  • Reuters

VIVAnews - Pemimpin besar Korea Utara Kim Jong-il meninggal di usia ke-69, Sabtu, 17 Desember 2011. Tapi kematiannya baru diungkap ke publik pada Senin, 19 Desember 2011.

Meski begitu dicintai oleh rakyat Korea Utara, tak banyak yang tahu aktivitas Kim Jong-il, terutama di dunia Barat. Kim Jong-il jarang muncul di media mainstream, aktivitasnya pun selama ini diliput sebagai propaganda oleh media milik Pemerintah Korea Utara.

Namun, sebuah blog yang memuat sejumlah foto Kim Jong-il kemudian memperlihatkan aktivitas Kim Jong-il selama memimpin Korea Utara. Sesuai namanya, blog bernama "Kim Jong Il Looking at Things" ini memuat foto Kim Jong-il yang meninjau sejumlah tempat dan lokasi di Korea Utara. Dari ternak ayam, hingga tentara, di blog tersebut Kim Jong-il terlihat sedang asyik melihat-lihat.

Blog ini sendiri dikelola oleh Joao Rocha, direktur seni dari salah satu rumah desain di Lisbon, Portugal. Ada sekitar 375 posting foto Kim Jong-il yang dimuat Rocha di blog yang dibuatnya sejak Oktober 2010 ini.

Pendiri Tumblr, David Karp, pun bahkan mengakui kalau blog tentang Kim Jong-il ini merupakan salah satu blog favoritnya.

Lalu bagaimana kisahnya hingga Rocha tertarik membuat blog foto Kim Jong-il? Adalah sebuah galeri foto Kim Jong-il di situs Boston Globe yang menjadi inspirasi Rocha untuk membuat blog khusus.

Saat ini, terdapat pula blog serupa yang memuat foto pengganti Kim Jong-il, Kim Jong-un. Tapi sepertinya Rocha tidak mempermasalahkan soal blog "Kim Jong-un Looking at Things" yang idenya meniru blog Rocha itu.

"Itulah bagaimana kehidupan internet berlangsung. Tua akan berlalu dan akan diganti dengan yang baru," ucap Rocha.

Bumi Resources Masuk 7 Perusahaan Wajib Pajak Terbaik versi DJP Kemenkeu

Lalu dengan meninggalnya Kim Jong-il, apa Rocha akan menutup blognya? Rocha pun menanyakan hal itu di akun Facebook-nya, dan 3.300 orang memintanya untuk terus melanjutkan blog Kim Jong-il. Hanya 100 orang yang setuju agar Rocha menghentikan blog ini. | CNN (eh)

TikToker Galih Loss

Pengakuan TikToker Galih Loss Soal Video Diduga Menistakan Agama: Saya Menyesali Semua

Galih Loss menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh umat muslim atas konten yang dibuatnya.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024