5 Spesies Punah yang Akan Dihidupkan Kembali

Mammoth
  • www.champaignschools.org

VIVA.co.id – Dengan kekuatan teknologi, apa yang tidak mungkin? Termasuk menghidupkan kembali spesies yang telah punah. Sekelompok ilmuwan mengaku telah memiliki daftar beberapa spesies punah yang mendapat kesempatan untuk bangkit kembali.

Pertama Dalam Sejarah! Badak Putih Utara Berhasil Hamil dengan Bayi Tabung

Mereka menamakan diri tim dari The Long Now Foundation. Dalam laman bertajuk ReviveRestore.org, mereka memiliki sekitar 25 kandidat hewan yang akan dikeluarkan dari daftar kepunahan. Selain itu, ada sekitar 18 hewan yang akan diperbaiki secara genetik.

Berikut ini lima hewan yang masuk dalam daftar 'kebangkitan dari kepunahan' yang dibuat oleh The Long Now Foundation.

Pria Afrika Selatan Ditangkap di Singapura Usai Menyeludupkan 34,7 Kg Cula Badak yang Dilindungi

1. Macan Caspian
Macan dengan bobot hampir 136 kilogram ini bermukim di sekitar Turki hingga Asia Tengah. Spesies macan ini menghadapi kepunahan sejak 1960. Ilmuwan ingin membangkitkan kembali lewat genetik yang sama, yang dimiliki macan Siberia.

2. Auroch
Spesies ini ditemukan di Eropa, Asia, dan Afrika Utara. Tingginya diperkirakan 213 sentimeter dengan tubuh mirip gabungan keledai dan kerbau. Untuk menghidupkannya dibutuhkan DNA Auroch yang kabarnya masih tersimpan dalam spesies keledai.

Anggota DPR: Populasi Orangutan Terus Terancam

3. Dodo
Spesies burung ini pernah digambarkan dalam film Alice in Wonderland. Dodo ditemukan di wilayah Mauritius dan sudah punah gara-gara nafsu berburu manusia. Dodo akan dibangkitkan dengan menggunakan contoh DNA dari tulang belulang yang ditemukan pada 2007.

4. Wooly Mammoth
Hewan mirip gajah berbulu ini ditemukan terakhir kali di Pulau Wrangel sebelum akhirnya punah 4.000 tahun lalu. Untungnya, beberapa spesimen masih tersimpan baik, sehingga bisa digunakan untuk membangkitkannya.

5. Thylacine
Mirip perpaduan anjing dan macan Tasmania. Spesies ini berdiam cukup lama di sekitar Australia, Tasmania, dan Nugini, hingga akhirnya punah pada akhir 1960an. Kebangkitan Thylacine akan dilakukan menggunakan DNA yang ditemukan di Tasmanian Devils.

Daftar kandidat spesies selengkapnya bisa dilihat di sini.