Video Awan Mirip Asap Rokok di Jepang, Dikira Dewa Turun

Penampakan formasi awan mirip asap rokok di Jepang
Sumber :
  • Twitter/@wni_jp

VIVA – Ada penampakan aneh di langit Kyushu, Jepang beberapa hari lalu. Pada 18 Januari 2018 pagi hari, muncul penampakan alam awan berwarna yang bentuknya mirip dengan asap rokok. Awan asap rokok itu berwarna seperti pelangi, merah, putih dan biru. Warga sekitar Kyushu bingung dengan penampakan aneh tersebut. 

Fenomena Alam di 2024, Komet Raksasa Siap Menyapa

Awalnya ada yang berspekulasi, penampakan awan asap rokok itu merupakan teori 'Jishin Kumo' atau 'awan gempa'. Dalam teori ini, formasi awan yang aneh dinilai sebagai penanda bakal muncul aktivitas seismik.

Namun setelah penyelidikan, WeatherNews menjelaskan, penampakan alam unik itu disebabkan peluncuran Roket Epsilon-3. 

Viral Cahaya Misterius Muncul dari Tanah Akibat Sambaran Kilat

Dikutip dari Rocketnews24, Senin 22 Januari 2017, pada 18 Januari pagi hari pukul 06.06, Roket Epsilon-3 meluncur lepas landas dari Uchinoura Space Center di Prefektur Kagoshima. Peluncur itu mengirimkan satelit radar ASNARO-2 ke orbit pada pukul 07.00 waktu setempat. 

Uap air yang ada di udara disebutkan berkontribusi pada tampilan jejak kondensasi yang unik dan mirip asap rokok tersebut. Awan berbentuk asap rokok itu terlihat aneh karena pengaruh angin, kristal es di langit dan sudut pandang pengamat. Sedangkan warna-warni yang terlihat dari awan asap rokok itu dipengaruhi terbitnya matahari. 

Ini Penyebab Hujan Es Landa Kota Surabaya

Terlepas dari penyebab formasi awan unik tersebut, warganet merasa penampakan alam itu sangat luar biasa, sangat indah, seperti grafiti dan mengira dewa sedang menunjukkan dirinya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya