5 Fenomena Bentuk Awan Unik Viral di Media Sosial

Awan berbentuk UFO.
Sumber :
  • Instagram/singosarimalang

VIVA – Awan sering menunjukkan keindahannya dengan berbagai bentuk-bentuk yang jarang terlihat. Perubahan bentuk awan ini sering menyerupai benda bahkan hewan.

Pusat Meteorologi UAE Bantah Hujan Ekstrem Dubai karena Modifikasi Cuaca

Fenomena alam yang kemunculannya tak dapat diprediksi ini tentu sayang jika tak diabadikan. Seiring dengan kemajuan era digital, banyak orang mengunggah foto bentuk-bentuk unik awan ke media sosial dan menjadi viral.

Berikut adalah bentuk-bentuk awan yang unik dan sempat viral di media sosial:

Gunung Merapi Muntahkan Dua Kali Awan Panas Guguran Berjarak 2,4 Km Malam Ini

Baca juga: Heboh Awan Topi di Gunung Jawa, Bukan Tanda Bencana

Awan UFO di Gunung Arjuno

BMKG Prakirakan Awan Mendung Selimuti Sejumlah Daerah pada Hari ini

Baru-baru ini, di beberapa gunung di Indonesia terdapat fenomena awan yang unik, di antaranya Gunung Arjuno dan Gunung Merapi. Di Gunung Arjuno, Jawa Timur, awan menyerupai UFO terlihat pada Kamis pagi, 5 November 2020. Awan mirip UFO itu kemudian hilang sekira pukul 10.30 WIB.

Awan Topi di Gunung Rinjani

Pada 17 Juli 2019 lalu, Gunung Rinjani juga terlihat seperti menggunakan topi yang lebar berwarna putih. Awan putih tebal berada tepat di atas puncak Gunung Rinjani di Lombok, Nusa Tenggara Barat. 

Fenomena alam ini menjadi buruan swafoto, baik warga maupun para turis. Fenomena ini sudah beberapa kali terjadi saat musim kemarau tiba. Namun, baru pada hari itu topi awan putih tebal terlihat begitu sempurna. 

Awan V di Wonosobo

Awan unik juga terjadi di langit Wonosobo, Jawa Tengah. Awan berbentuk huruf V terlihat jelas dengan warna kuningnya. Awan itu disebut sebagai Altocumulus Lenticularis. 

Warna kuning pada awan Altocumulus Lenticularis di langit Wonosobo itu terjadi karena pantulan cahaya matahari pada pukul 06.00 WIB. 

Awan Gelombang di Makassar

Awan berbentuk gelombang terlihat di langit Makassar pada 1 Januari 2019 lalu. Awan yang disebut sebagai kumulonimbus terlihat seperti menggulung layaknya ombak yang besar.

Awan Tsunami di Aceh

Aceh juga sempat mengalami hal yang sama seperti di Makassar. Awan berbentuk layaknya tsunami sempat membuat geger masyarakat. Fenomena alam awan berwarna gelap dan berbentuk menyerupai tsunami tersebut terjadi tepatnya di langit Meulaboh, Aceh barat. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya