Viral Cahaya Misterius Muncul dari Tanah Akibat Sambaran Kilat

Salah satu fenomena alam yang menjadi misteri.
Sumber :
  • Instagram

VIVA Tekno – Alam semesta yang luas dan tak terbatas telah menyajikan berbagai keajaiban dan misteri yang terus memikat dan membingungkan manusia.

Ngeri! Penampakan Angin Puting Beliung 'Hadang' Nelayan di Perairan Madura

Seperti dalam salah satu video viral yang satu ini, fenomena alam seperti cahaya misterius yang sulit untuk dijelaskan menjadi banyak perbincangan netizen di dunia maya.

Video dibagikan oleh akun @unanswered_universe di sosial media Instagram. Dalam video yang hanya berdurasi 18 detik tersebut memperlihatkan kejadian hujan, angin kencang serta petir di malam hari.

Prada Ardiansyah, Prajurit TNI yang Tersambar Petir Meninggal Dunia

Salah satu fenomena alam yang jadi misteri

Photo :
  • Instagram
Gegara Gurun Sahara, Langit Yunani jadi Oranye bak di Planet Mars

Awalnya video memperlihatkan hujan dan sambaran petir atau kilat. Namun beberapa saat kemudian, usai kilat menyambar muncul sebuah cahaya misterius yang tampak berasal dari tanah dan mirip seperti lampu sorot.

Cahaya misterius itu nampak "ramping" dan berputar-putar sepersekian detik, sebelum tampak terbang ke atas dan menghilang.

Cahaya tersebut beberapa kali hilang timbul. "Bisakah seseorang menjelaskan apa yang baru saja terjadi dalam video ini?" ujar seorang wanita yang merekam video tersebut, dilansir Selasa, 29 Agustus 2023.

Banyak komentar dan spekulasi-spekulasi yang bermunculan di kolom komentar. Salah satu netizen percaya bahwa cahaya tersebut merupakan fenomena ground to cloud lighting.

"Fenomena ini bernama petir yang menyambar dari tanah ke awan. Kilatan cahaya memuncak pada pembentukan saluran plasma penghantar listrik melalui udara dari dalam awan ke permukaan tanah dan kembali ke atas," tulis seorang netizen.

Namun, tak sedikit yang juga skeptis dan berkata bahwa itu hanyalah bayangan air yang terkena lampu sorot. "Ini tampaknya bukan fenomena alam, namun hanya cahaya dari tetesan air yang terkena lensa lampu," tulis netizen lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya