5 Potret Dahsyatnya Erupsi Gunung Ruang di Sulut, Muntahkan Lava dan Petir

Gunung Api Ruang di Kabupaten Sitaro, Provinsi Sulawesi Utara
Sumber :
  • Antara

Sitaro – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan adanya peningkatan aktivitas Gunung Api Ruang dari Level II (waspada) menjadi Level III (siaga) di Kabupaten Sitaro, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Ngeri! Penampakan Angin Puting Beliung 'Hadang' Nelayan di Perairan Madura

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari menjelaskan peningkatan aktivitas vulkanik di Gunung Ruang terhitung mulai Selasa 16 April 2024 sekitar pukul 16.00 WITA.

Gunung Api Ruang di Kabupaten Sitaro, Provinsi Sulawesi Utara

Photo :
  • Instagram
Prada Ardiansyah, Prajurit TNI yang Tersambar Petir Meninggal Dunia

Berdasarkan laporan Pusdalops BNPB Gunung Ruang meletus pada Selasa malam, kemudian kembali erupsi pada Rabu, 17 April 2024 sekitar pukul 01.30 WITA.

Akibat erupsi tersebut sebanyak 272 Kepala Keluarga atau 828 jiwa mengungsi dengan rincian 45 jiwa berada di Gedung BPU Kecamatan Tagulandang dan sebanyak 783 jiwa berada di rumah kerabat dan saudara di daratan Pulau Tagulandang.

Hujan Sedang hingga Lebat Diperkirakan Guyur Sejumlah Daerah pada Hari Ini

Berikut lima potret dahsyatnya erupsi Gunung Ruang yang muntahkan lava hingga kilatan petir.

1. Muntahan lava berwarna oranye dan merah menyala terlihat jelas dari kejauhan saat Gunung Ruang erupsi pada malam hari. Selain itu terjadi juga fenomena alam petir yang menyambar di puncak.

Gunung Api Ruang di Kabupaten Sitaro, Provinsi Sulawesi Utara

Photo :
  • Instagram

2. BNPB Provinsi Sulawesi Utara bakal menetapkan Status Tanggap DArurat selama 14 hari terhitung sejak tanggal 16 hingga 29 April 2024 mendatang.

Gunung Api Ruang di Kabupaten Sitaro, Provinsi Sulawesi Utara

Photo :
  • Instagram

3. BPBD Kabupaten Sitaro dan BPBD Provinsi Sulawesi Utara juga telah memberikan bantuan berupa 123 lembar tikar, 120 selimut dan 400 lembar masker kepada masyarakat.


Source : VIVA.co.id/Rahmat Fatahillah Ilham

4. Di sisi lain pemerintah daerah telah mempersiapkan personel di lapangan yang terdiri dari BPBD, perangkat Kecamatan Tagulandang, perangkat Kampung,  Kelurahan, SatPol PP,  Damkar dan Dinkes dengan total sebanyak 30 personil.

5. Pada Rabu, 17 April 2024 Basarnas Manado sudah tiba di Tagulandang dengan KM. BIMASENA dengan kekuatan personil 20 (ABK 15, Rescuer 5).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya