BMKG Sebut Hujan Turun di Jabodetabek Kemarin Hasil Modifikasi Cuaca

Ilustrasi warga berjalan menggunakan payung saat hujan di Jakarta.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/rwa.

Jakarta – Sebagian wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) pada Minggu, 27 Agustus 2023 sore hingga malam diguyur hujan. Adapun hujan itu diklaim sebagai hasil teknologi modifikasi cuaca (TMC) guna memperbaiki kualitas udara di Ibu Kota karena polusi.

KCIC Minta Maaf Kecepatan Whoosh Dikurangi karena Hujan Deras

"Iya benar. Hujan (buatan) turun karena penerapan teknologi modifikasi cuaca yang masih dilakukan," kata Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Dwikorita saat dihubungi, Senin, 28 Agustus 2023.

Hujan dengan intensitas ringan terjadi di beberapa wilayah, seperti Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang dan Jakarta Barat. 

Bangunan Sekolah di Kolaka Roboh Ditimpa Tanah Longsor, 2 Ruang Kelas Porak-Poranda

Lalu, hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian Kabupaten Bogor, Depok, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Utara, dan Tangerang Selatan.

Awan mendung selimuti langit Jakarta.

Photo :
  • VIVAnews/Tri Saputro
Hujan Sedang hingga Lebat Diperkirakan Guyur Sejumlah Daerah pada Hari Ini

Adapun, Deputi Meteorologi, Guswanto mengatakan terdapat faktor penentu dari keberhasilan modifikasi cuaca ini, yaitu awan hujan dengan kelembaban relatif.

"Faktor penentu keberhasilan TMC antara lain tersedianya potensi pertumbuhan awan hujan yang bisa disemai dan kelembaban relatif di atmosfer yang cukup, serta timing untuk seeding yang tepat," katanya. 

Guswanto menambahkan, untuk hari ini, Senin, 28 Agustus 2023 awan hujan akan berkurang di DKI Jakarta. Awan hujan juga akan datang atau terbentuk dipengaruhi oleh atmosfer. "Di DKI berkurang ya, sangat tergantung dinamika atmosfer," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya