Sukses Jualan Oleh-oleh Khas Daerah Lewat Media Sosial

Ilustrasi e-commerce
Ilustrasi e-commerce
Sumber :
  • www.pixabay.com/geralt

VIVA – Ada banyak cara menjaga dan melestarikan makanan khas daerah yang menjadi salah satu warisan budaya leluhur. Salah satunya dengan memperkenalkannya lewat media sosial dan e-commerce atau toko online.

Hal ini yang dilakukan Toko Oleh-oleh Khas Betawi, Mpok Romlah. Tak hanya membuka toko konvensional, penjualan oleh-oleh khas Jakarta juga dilakukan melalui situs www.romlah.com, toko online Tokopedia, serta media sosial seperti Facebook dan Instagram.

Menurut Manajer Toko Oleh-oleh Mpok Romlah, Hilda Jayanti, saat ini pelaku usaha diuntungkan dengan berdagang lewat online, karena sangat efektif memperluas pasar dan mendongkrak penjualan.

"Kami tidak hanya mengandalkan penjualan melalui toko, tapi juga online. Selain memperluas jaringan juga tetap mengenalkan unsur kebudayaan kepada generasi penerus," kata Hilda, dalam keterangannya, Minggu 18 Februari 2018.

Tak hanya itu, toko ini juga menggandeng para pelaku usaha, kecil dan menengah Betawi untuk bekerja sama memproduksi semua produk khas Jakarta untuk dipasarkan lewat daring maupun toko konvensional.

Toko yang berdiri sejak Februari 2015 lalu itu telah merangkul 25 UKM serta menghasilkan 80 produk, mulai dari makanan, minuman, hingga suvenir khas Jakarta.