Dalang Teori Konspirasi Terbongkar, Mengejutkan

Ilustrasi teori konspirasi
Sumber :
  • Dokumen Australian National University

VIVA – Teori konspirasi belakangan makin viral dan mendunia. Beberapa analisis menunjukkan teori konspirasi makin populer dalam percaturan geopolitik dunia lantaran disebarkan di internet.

Masih Banyak yang Tak Percaya, Saksi Mata yang Lihat Kate Middleton Buka Suara

Setelah lama menjadi teka-teki, peneliti Australian National University (ANU) berkolaborasi dengan peneliti Universitas Macquarie Australia, akhirnya mengungkapkan siapa dalang penyebaran teori konspirasi. Peneliti mengaku terkejut dengan hasil temuan studi mereka.

Dikutip dari Phys, Selasa 3 April 2018, peneliti ANU menemukan dalang penyebaran teori konspirasi dengan berbasis data digital di forum diskusi terbesar dunia, Reddit dari 2007 sampai pertengahan 2015. Data tersebut termasuk komentar atas teori konspirasi. Dengan data digital tersebut, peneliti menganalisis dan menemukan siapa biang penyebaran teori konspirasi di internet. 

Tepis Teori Konspirasi, Kate Middleton Terlihat Sehat dan Bahagia di Foto Terbaru

Pemimpin studi tersebut, Colin Klein mengaku terkejut dengan hasil penelitian timnya. 

"Anda harus menyadari ini bukan hanya orang yang gila dan tak mempercayai segala apapun. Kami menemukan orang-orang tersebut, tapi mereka hanyalah puncak dari gunung es yang jauh lebih besar," jelasnya.

Teori Konspirasi Kebakaran di Maui Hawaii: Smart City Hingga Ulah Elon Musk

Klein yang merupakan peneliti sekolah psikologi ANU menuturkan, secara umum orang yang meyakini teori konspirasi cenderung menjadi tipe orang yang menghubungkan tiap konspirasi dengan hal yang lain.

Analisis menunjukkan, sebagian besar teori konspirasi menjadi viral dan makin menyebar saat berbagai orang dan kelompok berbeda menghubungkannya dengan agenda mereka masing-masing. 

Jadi, teori konspirasi makin membesar karena dipaksakan untuk mendukung kepentingan atau agenda orang yang tersebut. Konspirasi dipakai sesuai dengan kebutuhan sang penyebar. 

"Konspirasi yang paling sukses adalah konspirasi yang semua orang bisa mendapatkan sesuatu darinya," ujarnya. 

Dia menyebutkan teori konspirasi penjara rahasia CIA. Satu orang memakainya untuk mengonstruksikan hubungannya dengan peristiwa 9/11. Sedangkan yang lainnya memakai teori itu untuk mengompori anti Semit. Sedangkan sepertiga yang lainnya memakai teori itu untuk mengetengahkan tentang kendali senjata. 

Penelitian ini juga mengungkap alasan orang terlibat dalam teori konspirasi. Beberapa orang larut dalam dunia ini karena tidak mempercayai hal-hal yang telah disampaikan pemerintah, institusi maupun kekuatan atau figur politik tertentu. 

Sedangkan yang lainnya, terlibat dalam arus teori konspirasi ini sebagai ekspresi ketidaksukaannya atas sekelompok atau politikus tertentu. 

Contoh nyata, studi ini menunjukkan, teori konspirasi Pizzagate. Teori ini merupakan konstruksi bagi orang yang tidak suka dengan Hillary Clinton. 

"Teori konspirasi memang sedang naik dan ini adalah sebuah masalah. Lihat saja pengaruh yang mereka hasilkan pada wacana politik baru-baru ini," jelas Klein.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya