Teori Konspirasi Kebakaran di Maui Hawaii: Smart City Hingga Ulah Elon Musk

Dampak kebakaran di Lahaina, Hawaii
Sumber :
  • AP Photo/Jae C. Hong

HawaiiMaui, salah satu destinasi wisata yang diisi dengan berbagai resort mewah. Wilayah Maui, merupakan salah satu ciptaan alam terbaik, lengkap dengan adat istiadat yang dikenal unik. 

Masih Banyak yang Tak Percaya, Saksi Mata yang Lihat Kate Middleton Buka Suara

Namun, baru-baru ini, wilayah tersebut harus berubah menjadi kota abu, di mana kebakaran hutan melahap semua keindahan Maui. 

Kebakaran Maui, membuat teori konspirasi tersebar luas, banyak teori yang beredar bahwa sebelum kebakaran hutan terjadi, Maui menjadi tuan rumah pertemuan tentang menjadikan seluruh pulau itu menjadi "kota pintar" pada bulan Januari lalu.

Tepis Teori Konspirasi, Kate Middleton Terlihat Sehat dan Bahagia di Foto Terbaru

Citra Satelit NASA menangkap kebakaran yang menghanguskan pulai Maui, Hawaii

Photo :
  • NASA

Selain itu, kota tersebut juga menjadi tuan rumah pertemuan puncak lainnya bulan depan tentang penggunaan teknologi AL untuk mengatur pulau itu, dan membuktikan bahwa kebakaran hutan baru-baru ini sengaja dibuat untuk mengubah ide-ide kecerdasan buatan menjadi kenyataan. 

Potret-potret Han So Hee Kencan dengan Ryu Jun Yeol di Hawaii

Dilansir dari AP, Minggu, 20 Agustus 2023, konspirasi itu dinilai salah. Sebab, konferensi Internasional Hawaii pada bulan Januari bukanlah tentang mengubah Maui menjadi "pulau pintar". Melainkan pertemuan tahunan yang berfokus pada isu-isu yang muncul di sektor teknologi informasi secara global.

KTT Pemerintah Digital Hawaii bulan depan, demikian pula, tidak secara khusus berfokus pada penggunaan AL di Maui, tetapi tentang bagaimana pemerintah di seluruh negara bagian dapat mengadaptasi teknologi baru dengan lebih baik.

Hal itu juga terjadi di pulau Hawaii lainnya, bukan hanya Maui. 

Ketika pihak berwenang terus menyelidiki apa yang memicu kebakaran hutan di Maui bulan ini, pengguna media sosial mengatakan bahwa pejabat pemerintah telah lama merencanakan untuk meruntuhkan pulau itu demi mewujudkan visi mereka tentang kota pintar.

Banyak yang berkonspirasi dan mencoba menghubungkan kobaran api tersebut dengan upaya untuk memasukkan teknologi energi digital dan terbarukan ke dalam kehidupan sehari-hari di pulau tersebut.

Tren ini mengacu pada kiasan sayap kanan yang ada di mana organisasi yang berpikiran global seperti Perserikatan Bangsa-Bangsa dan Forum Ekonomi Dunia berencana untuk secara paksa memindahkan orang ke "kota pintar" di mana kebebasan mereka akan sangat dibatasi oleh teknologi canggih. 

Pengguna media sosial menyalahkan tokoh-tokoh seperti Elon Musk dan Oprah Winfrey sebagai pemicu kebakaran, yang telah menewaskan sedikitnya 114 orang. 

"Apa yang tidak mereka bicarakan adalah pada bulan Januari bagaimana mereka mengadakan konferensi kota pintar di Maui untuk mengubah Maui menjadi seluruh pulau pintar, mengubah segalanya menjadi listrik, energi terbarukan, panel surya dan mendorong semua orang ke kendaraan listrik – kota pintar 15 menit," kata seorang pria dalam satu video yang dibagikan secara luas. 

"Jadi, sekarang yang juga menarik adalah bulan depan di bulan September, Hawaii menjadi tuan rumah KTT pemerintah digital, memanfaatkan AI untuk mengatur pulau itu," lanjut pria itu. 

“Sepertinya mereka sedang mengatur ulang sesuatu untuk mulai membangun kembali untuk ini," 

Namun postingan tersebut tidak hanya menggambarkan konsep kota pintar, dan kota yang hanya berjarak 15 menit, tetapi juga membuat pernyataan palsu tentang pertemuan bulan Januari yang lalu.

Kota pintar umumnya mengacu pada komunitas yang memanfaatkan teknologi baru untuk meningkatkan operasi, sedangkan kota yang hanya berjarak 15 menit adalah prinsip desain perkotaan yang menekankan pembangunan komunitas, yang lebih kompak, di mana kebutuhan sehari-hari dapat dijangkau hanya dalam 15 menit berjalan kaki. Mereka juga tidak dirancang untuk membatasi pergerakan atau kebebasan orang. 

Sementara itu, konferensi di Hawaii memiliki cakupan yang luas dan tidak hanya berfokus pada kota pintar, kota 15 menit, Maui atau bahkan negara bagian Hawaii. 

“Tidak ada kebenaran atas pernyataan yang menghebohkan bahwa kebakaran sengaja dilakukan untuk meruntuhkan kota bersejarah Lahain, yang merupakan Capitol pertama Kerajaan Hawaii,” tulis kantor Gubernur Hawaii Josh Green dalam pernyataan email, merujuk ke masyarakat Maui di pusat kehancuran. 

Pada Konferensi Internasional Hawaii tentang Ilmu Sistem pada bulan Januari, ribuan peneliti mempresentasikan karya mereka dalam berbagai masalah teknologi informasi, tidak hanya pada konsep tipe kota pintar, jelas Tung Bui, seorang profesor IT di University of Hawaii di Manoa yang memimpin pertemuan itu.

Hampir 1.500 makalah diserahkan sebagai bagian dari konferensi TI tertua dan terbesar di dunia dari jenisnya, katanya.

Sekitar belasan makalah terkait dengan kota pintar, dan tidak ada yang berfokus pada Maui. 

“Gagasan untuk melakukan tindakan destruktif, menyebabkan kerusakan pada tengara bersejarah dan mengakibatkan banyak korban jiwa, semuanya dalam upaya untuk mengubah Maui menjadi pulau pintar, melampaui batas imajinasi saya,” tulis Bui.

Philip Bertolini, wakil presiden senior di e.Republic, yang menyelenggarakan Hawaii Digital Government Summit bulan depan, mengatakan bahwa pertemuan tersebut tidak hanya berfokus pada penggunaan AI di sektor publik, dan gagasan untuk mengubah Maui menjadi kota yang dijalankan oleh AI  juga tidak ada dalam agenda. 

"Kami tidak tahu dari mana semua itu berasal," katanya dalam wawancara telepon.

“Acara kami jauh lebih banyak. AI mungkin menjadi topik di sana, tetapi ini semua tentang menyatukan sektor publik sehingga mereka dapat terlibat, berbagi praktik terbaik, dan juga mengajak sektor swasta untuk berbagi dan terlibat dalam praktik terbaik seputar teknologi pemerintah.” 

Memang, satu-satunya penyebutan AI dalam agenda resmi adalah ceramah dari pakar teknologi Jack Shaw berjudul “Transformasi Digital untuk Pemerintah: Masa Depan adalah Sekarang”.

Sesi ini berfokus pada membuka kunci kekuatan teknologi baru, yang merupakan salah satunya adalah AI untuk meningkatkan pemerintahan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya