Pascagempa di Lombok, Jaringan Operator Telekomunikasi Mulai Pulih

Evakuasi korban gempa Lombok.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Zabur Karuru

VIVA – Jaringan XL Axiata atau XL sudah kembali normal setelah Gempa Lombok yang terjadi Minggu petang 5 Agustus 2018. XL memastikan seluruh BTS dan jaringannya dalam keadaan baik dan tidak rusak. Namun XL mengungkapkan, memang masih ada jaringan yang belum kembali seperti semula. 

Begini Cara XL Axiata Buat Pelanggan Tidak Pindah ke Lain Hati

"Hanya sisa sedikit yang di Lombok Utara. Paling cuma kurang dari 2 persen, dikit banget lah dari total keseluruhan," ujar Group Head Corporate Communications XL Axiata, Tri Wahyuningsih di Jakarta, Selasa 7 Agustus 2018. 

Tri memastikan, hanya wilayah Lombok Utara yang jaringannya belum kembali normal. Lokasi lain tidak ada lagi yang terdampak jaringan yang rusak. 

XL Axiata akan Bersih dari 3G, Hanya Ada 4G dan 5G

Dia menjelaskan, jaringan yang sempat terputus karena padamnya listrik di sekitar wilayah Lombok. Putusnya alira listrik menyebabkan baterai dan solar cadangan untuk BTS mulai habis. 

Tapi mulai Senin 6 Agustus 2018, Tri menyatakan listrik secara bertahap mulai menyala. Sedangkan sisa wilayah yang belum kembali normal masih terkendala beberapa hal. 

XL Axiata Lagi Semringah

"Sebenarnya lebih listriknya belum normal atau akses ke sana masih terhambat. Tapi cuma itu saja," kata Tri. 

Untuk jaringan yang belum normal, Tri menuturkan, XL menjanjikan akan kembali normal pada hari ini.

XL memiliki lebih dari 120 BTS di wilayah Lombok Utara, 82 di antaranya merupakan BTS 3G dan 4G LTE. Sedangkan seluruh Nusa Tenggara Barat, XL memiliki lebih dari 2900 BTS dengan 790 BTS merupakan 4G LTE.  Untuk wilayah NTB, XL memiliki lebih dari 2 juta pelanggan. 

Telepon gratis Telkomsel

Operator Telkomsel juga mengungkapkan, mereka bekerja keras memulihkan jaringan di Lombok. 

"Dalam waktu kurang dari 24 jam, tim kami bergerak cepat untuk memulihkan jaringan dengan memobilisasi genset untuk catuan daya serta memasang mobile BTS," ujar Direktur Network Telkomsel Bob Apriawan, dalam keterangannya. 

Dia mengungkapkan, kerja cepat tersebut dalam rangka pentingnya layanan komunikasi saat bencana seperti yang terjadi di Lombok tersebut. Termasuk untuk berkomunikasi dengan keluarga dan juga koordinasi untuk relawan dan tim penolong. 

Seiring pemulihan jaringan ini, Telkomsel memberikan paket gratis telepon dan SMS ke semua operator selama 24 jam untuk pelanggan di seluruh Lombok. 

Telkomsel juga memfasilitasi penggunanya yang ingin memberi bantuan pada korban gempa Lombok. Bersama dengan Yayasan Rumah Zakat Indonesia, pelanggan Telkomsel bisa berdonasi lewat TCash Wallet dan UMB *800*01#.

Telkomsel sudah mulai menyerahkan bantuan sosial bersama mitra authorized dealer berupa logistik seperti makanan siap konsumsi, air mineral, pakaian layak pakai, handuk, selimut, dan obat-obatan. Relawan dan korban bencana juga mendapatkan fasilitas komunikasi gratis berupa ponsel dan kartu perdana.

Bob mewakili Telkomsel juga tak lupa mengucapkan rasa prihatin dan berempati untuk korban gempa Lombok pada 5 Agustus lalu. 

"Kami berharap kondisi di Lombok akan segera pulih seperti sedia kala,” kata Bob.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya