BMKG: Musim Hujan Bakal Datang Terlambat

Foto satelit Himawari BMKG terkait prakiraan cuaca di Indonesia. (Ilustrasi)
Sumber :
  • BMKG

VIVA – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG mengumumkan hasil prakiraan curah hujan di Indonesia untuk periode tahun 2018/2019.

Hujan Sedang hingga Lebat Diperkirakan Guyur Sejumlah Daerah pada Hari Ini

Dalam hal prediksi musim, secara operasional BMKG membagi wilayah berdasarkan Zona Musim (ZOM). ZOM adalah daerah yang pola hujan rata-ratanya memiliki perbedaan yang jelas antara periode musim kemarau dan periode musim hujan.

Menurut pengumuman yang disampaikan oleh Siswanto, Kepala Sub-Bidang Produksi Informasi Iklim dan Kualitas Udara BMKG, di Jakarta, Selasa 4 September 2018, menyebutkan rata-rata wilayah akan mengalami keterlambatan musim hujan.  

BMKG Sebut Gelombang hingga 2,5 Meter Bakal Terjadi di Perairan Indonesia, Ini Lokasinya

BMKG mencatat ada 342 ZOM, dengan rincian sebagai berikut: 78 ZOM (22,8 persen) akan mulai hujan pada Oktober, 147 ZOM (43 persen) di November, dan 85 ZOM pada Desember 2018.

Jika dibandingkan terhadap rerata klimatologis 30 tahun (periode 1981-2010), awal musim hujan 2018/2019 umumnya akan mundur di 234 ZOM (68,4 persen), sama dengan rata-ratanya 78 ZOM (22,8 persen), dan yang maju sebanyak 30 ZOM (8,8 persen).

Bukan Hanya Palestina, Ini 9 Negara yang Belum Diakui Keanggotannya oleh PBB

Wilayah ZOM tidak selalu sama dengan luas daerah administrasi pemerintahan. Dengan demikian, satu kabupaten/kota dapat saja terdiri dari beberapa ZOM dan sebaliknya satu ZOM dapat terdiri dari beberapa kabupaten.

Jayabaya.

Menilik Bayang-bayang Masa Depan Indonesia dalam Ramalan Jayabaya

Meninjau visi masa depan Indonesia yang tergambar dalam ramalan-ramalan Jayabaya memberikan perspektif yang menarik. Sebagian prediksi telah terbukti, dan ada yang belum.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024