RBT 'Jokowi Saja' Sudah Dihapus

RBT 'Jokowi Saja'
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – PT hutchison 3 Indonesia atau operator Tri sudah menghapus ring back tone atau RBT berjudul ‘Jangan Pernah Berubah’ atau yang populer dengan RBT ‘Jokowi Saja’. Penghapusan itu sudah dilakukan kemarin. Operator itu ingin menghormati masa kampanye yang belum dimulai. 

Unik, Operator Seluler Ganti Nada Dering Ponsel sama Informasi Corona

"Sekarang sih sudah enggak ada, karena itu kan kita menghormati itu belum mulai," kata Humas Operator Tri, Arum Prasodjo, di Jakarta, Rabu 19 September 2018. 

Dia menjelaskan, mitra content provider yang mengajukan RBT itu mengusulkan nama ‘Jangan Pernah Berubah’ bukan ‘Jokowi Saja’. 

Ternyata, RBT 'Jokowi Saja' Sudah Aktif di Operator 3

Sejalan dengan pernyataan Kementerian Komunikasi dan Informatika, Arum menyatakan, sah-sah saja ada nada panggil berbau politik. Asalkan RBT itu tidak melanggar Permen Kominfo No 9 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Jasa Penyediaan Konten Pada Jaringan Bergerak Seluler. 

"Si mitra ini punya license partnership sama kita B2B (business to business), kalau mereka mau mengajukan konten memungkinkan saja selama isinya itu tidak bertentangan dengan Permen," ujarnya. 

Di Telkomsel dan XL, RBT 'Jokowi Saja' Cuma Hoax

Dalam Permen tersebut dinyatakan larangan untuk tidak memuat konten bertentangan dengan Pancasila dan UUD NKRI 1945, berpotensi menimbulkan konflik SARA, melanggar kesusilaan dan pornografi, perjudian, penghinaan, pemerasan, pencemaran nama baik, pelanggaran HAKI, dan bertentangan dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. 

Sebelumnya VIVA Digital mencoba cek keberadaan RBT tersebut menggunakan provider Tri, dan ternyata langsung aktif. Muncul dua pesan balasan dari operator yaitu ucapan terima kasih karena berlangganan, dan pemberitahuan lagu ciptaan Papa T.Bob telah aktif. 

Dalam pemberitahuannya memang tidak ada judul RBT ‘Jokowi Saja’, namun menjadi ‘Jangan Pernah Berubah’. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya