7 Karakter Game of Thrones Ini Mirip Tokoh dalam Sejarah

Cersei dan Jaime Lannister dalam Game of Thrones Season 8.
Sumber :
  • HBO

VIVA – George R.R. Martin telah menghadirkan karya yang mencuri perhatian seluruh dunia dengan kisah A Song of Ice and Fire, yang dijadikan drama fantasi Game of Thrones. Serial yang diproduksi untuk HBO ini menyuguhkan jalan cerita epik dengan penokohan yang sangat kuat. 

Mengenal Sejarah Hari Buruh Internasional yang Diperingati Setiap 1 Mei

Spekulasi beredar, gagasan Martin membangun narasi rumit itu bukan semata-mata hasil imajinasinya sendiri. Namun bisa jadi terinspirasi dari sejumlah tokoh dan peristiwa sejarah yang pernah ada di muka Bumi, khususnya pada abad pertengahan.

Misalnya saja, peristiwa Red Wedding yang diilhami oleh Pembantaian Glencoe (1691), ketika seluruh klan Skotlandia dibunuh secara brutal oleh tuan rumah dalam upaya untuk menggulingkan Raja James VII. 

Fakta-fakta Unik Tentang Uzbekistan, Negara Double Landlocked yang Jauh Dari Laut!

Terlepas dari karakter yang dihadirkan Martin itu asli karangannya atau bukan, GoT menjadi salah satu kisah terlaris yang paling banyak ditonton sepanjang masa. Lantas siapa saja karakter GoT yang terinspirasi dari tokoh penting dalam sejarah? Berikut ini beberapa daftarnya, seperti dihimpun dari berbagai sumber. 

1. Jon Snow (John Stark)

Timnas Indonesia U-23 Vs Uzbekistan, Sama-sama Bidik Sejarah Lolos Olimpiade


Jon Snow disebut terinspirasi oleh John Stark. John Stark lahir di New Hampshire dan bekerja sebagai perwira Angkatan Darat Inggris selama Perang Prancis dan India. Pada 1752, ketika dia sedang dalam perjalanan berburu, Stark ditangkap oleh sekelompok prajurit Abenaki. 

Sebagai seorang tahanan, ia benar-benar berhubungan dengan adat dan budaya mereka sampai-sampai terjalin semacam keterikatan. Akhirnya, Abenaki menerima John Stark sebagai bagian dari komunitas, sampai akhirnya diselamatkan. Saat kembali ke kelompok aslinya, John Stark menolak untuk ikut serta dalam penggerebekan terhadap Abenaki. Jika dalam GoT, Jon Snow menjadi tawanan kaum Wildling.

2. The Unsullied (The Janissaries)


Sebagai pasukan terkuat di Seven Kingdom, Unsullied bisa jadi muncul lantaran sisi imajinasi jahat Martin. Mereka digambarkan sebagai prajurit yang tak takut mati dan telah dikebiri. Namun Unsullied memiliki kemiripan dengan The Janissaries, kelompok elit yang berjuang untuk kekaisaran Ottoman.

Janissaries sama seperti Unsullied, seluruhnya terdiri dari budak. Mereka dilucuti dari kehidupan masa lalu untuk membuat sepenuhnya loyal pada majikan. Ottoman menuntut anak laki-laki muda dari tanah taklukan untuk menjadi tentara.

3. Cersei Lannister (Ratu Isabeau)


Ada banyak ratu badass dalam sejarah, tetapi apakah pernah ada orang yang semenarik Cersei? Jawabannya ada, dan orangnya adalah Ratu Isabeau dari Perancis. Setelah suaminya Charles VI meninggal, Isabeau naik tahta, dan terbukti tidak layak untuk memerintah.

Seperti Cersei, Isabeau dibenci oleh rakyatnya. Mereka melihatnya sebagai wanita yang gila kekuasaan. Dikatakan bahwa dia juga cukup bebas untuk berselingkuh dengan saudara iparnya. Beda tipis dengan Cersei yang menjalin hubungan terlarang dengan saudara kandungnya sendiri, Jaime Lannister.

Selain Isabeau, ada versi lain yang mengatakan Cersei diilhami oleh Anne Boleyn, istri kedua Raja Henry VIII. Seperti Cersei, Anne Boleyn pernah dituduh memiliki hubungan inses dengan saudara lelakinya.

4. Jaime Lannister


Jaime Lannister disebut memiliki persamaan yang sangat kuat dengan Louis d'Orleans, yang merupakan kekasih Isabeau. Selain itu, ada desas-desus mengenai pewaris tahta Charles VII sebenarnya adalah putra Louis. Dalam GoT, Raja Joffrey dan Raja Tommen, meski keduanya menyandang nama belakang Baratheon, sebenarnya adalah anak hubungan gelap antar saudara kandung, Jaime dan Cersei.

5. Lord Varys (Wei Zhongxian) 


Inspirasi kehidupan nyata Lord Varys bisa jadi adalah Wei Zhongxian. Mereka disebut sama-sama licik. Selain fakta bahwa ia seorang kasim, Wei Zhongxian juga berasal dari latar belakang yang sangat rendah dan berhasil mendaki kelas sosial sebagai orang penting dalam pemerintahan. Wei memiliki keahlian manipulatif dan menjabat sebagai kepala jaringan polisi rahasia.

6. Robert Baratheon (King Henry VIII)


King Henry VIII adalah salah satu raja paling terkenal dalam sejarah, gila wanita, hobi makan dan mabuk wine. Terlepas dari teori yang menyatakan bahwa Henry VIII menderita sifilis kongenital, ia sebenarnya meninggal karena konsekuensi obesitasnya (termasuk asam urat). Sedangkan penyebab resmi kematian Robert Baratheon adalah dibunuh oleh babi hutan dalam perjalanan berburu sambil mabuk.

7. Joffrey Baratheon


Joffrey Baratheon atau Joffrey Lannister dikenal sebagai penguasa paling dibenci dan anak nakal yang sangat menyebalkan. Ia memiliki persamaan dengan Kaisar dari Romawi, Caligula. 

Seperti Joffrey, Caligula naik tampuk kekuasaan di usia sangat muda alias belasan tahun, sehingga gagasannya tentang kekuasaan sangat terdistorsi. Mereka sama-sama haus darah dan menikmati kekuasaan melalui penyiksaan dan ketakutan. Persamaan lain antara keduanya adalah dibunuh demi menghentikan kegilaan mereka.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya