Jokowi Bingung Banyak Pekerjaan Baru dan yang Lama Hilang, Apa Saja?

Presiden Jokowi.
Presiden Jokowi.
Sumber :

VIVA – Presiden Jokowi menyebut ada banyak pekerjaan baru di masa depan dan pekerjaan lama menjadi hilang akibat teknologi. Pernyataan ini diungkap presiden dalam akun Twitter yang dipublikasikan hari ini, 21 Agustus 2019.

Jokowi juga menyebut telah membahas isu tersebut di pertemuan G20, APEC, dan ASEAN Summit dengan mengungkap kebingungannya karena keterlambatan regulasi. Untuk itu, ia berencana menyiapkan sumber daya manusia (SDM) Indonesia. 

Cuitan presiden di Twitter itu tak menyebut jenis pekerjaan apa saja yang muncul dan yang hilang. Akan tetapi isu kepunahan bidang profesi tertentu akibat disrupsi bukan barang baru. Sejak beberapa tahun terakhir, sejumlah 'karier tradisional' memang diramal akan tergerus oleh kecanggihan teknologi. 

Melansir Career Addict, disebutkan ada 13 jenis pekerjaan yang tak lagi eksis pada 2030 mendatang. Apa saja?

Agen travel
Yang kita butuhkan untuk memesan tiket zaman sekarang adalah ponsel, internet, aplikasi, akun bank, dan waktu beberapa menit untuk meneliti tujuan. Bisnis agen perjalanan konvensional kini sudah kita lihat tak lagi eksis karena orang lebih memilih platform seperti Traveloka, Pegi-pegi, Tiket.com, dan teman-temannya. 

Kasir
Di masa depan, kepunahan kasir sepertinya bakal tak terhindarkan. Realitanya sekarang masyarakat tak harus membayar dengan uang tunai. Kecenderungan cashless di kota-kota besar mulai meluas, meski saat ini belum merata.

Halaman Selanjutnya
img_title