Dear Orang Tua, Cek 5 Tips Lindungi Anak dari Ancaman Dunia Maya

Anak dan internet.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Zaman digital saat ini dinikmati oleh semua kalangan, termasuk anak-anak. Sayangnya, walau mereka ramah dengan hal yang berbau digital namun tak sepenuhnya menyadari adanya ancaman di dunia online

Industri Fintech akan Berkembang, tapi Bergantung Pertumbuhan Internet

Untuk orang tua, perusahaan keamanan internet Kaspersky dalam pernyataannya, Jumat 27 September 2019, mengatakan ada lima tip yang bisa orang tua gunakan untuk melindungi anak-anak dari bahaya di internet: 

Komunikasi

Kamu Jadi Korban Serangan Pegasus, Lakukan Cara Ini dan Jangan Panik

Komunikasi sangat dianjurkan antara orang tua dan anak. Kamu harus bisa berdiskusi dan memosisikan diri sebagai mentor yang baik. 

Sebagai orang tua, kamu bisa mengajarkan apa yang bisa diterima secara sosial untuk dilakukan dan apa yang tidak. Orang tua harus membuat anak-anak merasa nyaman datang kepada kamu dalam kasus-kasus saat mereka mengalami kekacauan dan berbuat salah. Penting nih! 

Bentengi Diri Kamu dari Mata-mata

Bicara sebagai rutinitas

Pembicaraan soal teknologi harus dilakukan secara teratur. Cobalah kamu bisa berpura-pura meminta tolong anak-anak untuk membuat akun media sosial.

Dengan menunjukkan orang tua mempercayai anak-anak, rasa saling percaya akan tumbuh. Orang tua juga bisa mengajarkan soal ancaman siber atau pelanggaran keamanan. 

Tetapkan batasan

Orang tua harus memastikan anak-anaknya apa saja yang bisa diterima dan apa yang tidak. Selain itu membuat mereka sadar atas konsekuensi pergi ke suatu tempat yang tidak seharusnya dikunjungi, atau menggunakan teknologi yang seharusnya tidak digunakan. 

Edukasi diri sendiri

Orang tua tetap harus membekali diri dengan pengetahuan soal dunia maya. Kamu tidak bisa mengajari sesuatu pada anak yang tidak diketahui.

Gunakan sumber daya untuk orang tua

Gunakan sumber daya yang tersedia oleh beberapa perusahaan atau organisasi yang bisa membantu membimbing kamu dalam membesarkan anak masa kini. Termasuk sumber daya dari perusahaan-perusahaan teknologi. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya