Logo BBC

Bikin Bingung, Planet Raksasa Ini Harusnya Tidak Ada tapi Ditemukan

Artwork: The gaseous world and its star are about 30 light-years from us - University of Bern
Artwork: The gaseous world and its star are about 30 light-years from us - University of Bern
Sumber :
  • bbc

Para ahli astronomi telah menemukan planet raksasa yang, mereka katakan, seharusnya tidak ada jika berdasarkan berbagai teori yang ada.

Planet mirip Jupiter tersebut, dipandang aneh ukurannya karena lebih besar dari pada bintangnya, sehingga bertentangan dengan teori terkait dengan proses pembentukan planet.

Bintang yang berjarak 284 triliun kilometer tersebut adalah bintang kerdil merah jenis-M - macam yang sangat umum di galaksi kita.

Tim astronom internasional telah melaporkan temuan ini pada jurnal Science.

"Sangat menarik karena sejak lama kami berpikir apakah planet raksasa seperti Jupiter dan Saturnus dapat terbentuk di sekitar bintang kecil seperti itu," kata Profesor Peter Wheatley, dari University of Warwick, Inggris, yang tidak terlibat dalam kajian terbaru ini.

"Saya pikir kesan umumnya adalah planet-planet ini tidak ada, tetapi kita tidak bisa yakin karena bintang-bintang kecil sangatlah lemah, sehingga sulit untuk dikaji, meski pun mereka sebenarnya jauh lebih umum dibandingkan bintang seperti Matahari," katanya kepada BBC.

Para peneliti menggunakan teleskop di Spanyol dan AS untuk mengikuti peningkatan gravitasi bintang yang kemungkinan menyebabkan planet-planet mengorbitnya.