Barang Mewah, Segini Harga Perbaikan Layar Lipat Samsung Galaxy Z Flip

Samsung Galaxy Z Flip.
Sumber :
  • VIVA/Novina Putri Bestari

VIVA – Raksasa teknologi Korea Selatan, Samsung, baru saja meluncurkan Galaxy Z Flip di Indonesia. Ponsel lipat ini hadir dengan banderol Rp21,8 juta. Nah, jika layar lipatnya terjadi kerusakan, berapa harga perbaikannya?

Ada Samsung di Balik Layar Lipat OLED untuk Oppo, Xiaomi dan Google

Product Marketing Samsung Electronics Indonesia, Taufiq Furqan, mengaku jika pengguna Samsung Galaxy Z Flip akan mendapatkan satu tahun garansi. Dari sana perbaikan layar lipat 'hanya' Rp1,6 juta saja. "Kurang lebih Rp6-7 juta ya. Kalau on risk-nya kira-kira Rp 1,6 juta," ujarnya.

Dengan material glass pada layar, ia menyebut memang penggunannya harus lebih hati-hati. Taufiq juga mengatakan jika produk ini sudah dilakukan dengan protokol yang ketat sebelum sampai ke tangan konsumen.

Daftar Harga Ponsel Sultan Samsung, Ada Galaxy Z Fold 2

Bukan itu saja. Taufiq menjelaskan jika layar lipatnya menggunakan teknologi Ultra Thin Glass, atau terbuat dari kaca tipis dengan memiliki beberapa lapisan. "Kaca di bawah 30 mikron bisa dilipat. Tidak cuma satu tapi ada layer lain," ungkap dia.

Samsung juga sudah melakukan percobaan untuk layar lipat pada Galaxy Z Flip ini dengan hasilnya 200 ribu kali. Jika dihitung penggunaan 100 kali selama satu hari, maka bisa digunakan selama lima tahun. "Kita yakinkan ketika produk ini keluar dan dijual ke publik artinya sudah sesuai standard dan protokol," tegas Taufiq.

iPhone Susul Samsung Mau Bikin Ponsel Lipat

Seperti diketahui, Samsung tidak hanya memperkenalkan ke publik Galaxy Z Flip, tetapi juga seri Galaxy S20. Analis perangkat ponsel Mingchi Kuo mengatakan rencana Samsung menargetkan penjualan seri Galaxy S20 sebesar 32 juta unit pada tahun ini adalah kecil.

Menurutnya, angka itu tak setinggi penjualan Samsung Galaxy S10 yang berhasil dijajakan hingga 36 juta-28 juta unit pada tahun lalu.

"Ini karena kurangnya inovasi dari segi pengalaman pengguna di perangkat S20 jadi salah satu faktor (prediksi penjualan Seri Samsung Galaxy S20 tak setinggi S10), walau dilakukan pembaruan perangkat keras dalam jumlah yang besar," kata Kuo, dikutip dari Gizmochina.

Namun, karena Samsung memperkenalkan potongan harga Galaxy S10, hingga kini dijual mulai dari US$599 (sekitar Rp8,2 juta), raksasa teknologi Korea Selatan itu dinilai tak akan kehilangan pendapatan.

Samsung Galaxy S20 dijual mulai dari US$1.000 (sekitar Rp13,7 juta) di Amerika Serikat (AS). Sementara itu, Galaxy S20 Plus dan S20 Ultra masing-masing dijual seharga US$1.200 (sekitar Rp16,5 juta) dan US$1.400 (sekitar Rp19,2 juta).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya