Aneka Cara Mengucapkan Lebaran Lewat Dunia Digital

GIF di Instagram
Sumber :
  • VIVA.co.id/Novina Putri Bestari

VIVA – Walau baru memasuki minggu pertama bulan Ramadhan, sebaiknya kita mulai memikirkan cara untuk mengucapkan lebaran nanti. Apalagi dengan adanya larangan untuk mudik, membuat banyak masyarakat yang sulit bertemu keluarga dan hanya bisa bertukar ucapan dari jarak jauh saja.

Bagaimana Menghadapi Keluarga Suami yang Nyakitin? Begini Nasihat Mamah Dedeh

Teknologi jadi satu-satu jalan untuk bisa mengucapkan dan bertukar sapa dengan teman serta keluarga, walau sedang berjauhan. Berikut sejumlah aplikasi dan layanan di dunia maya yang bisa dimanfaatkan nanti saat hari kemenangan tiba, dikutip dari berbagai sumber, Jumat 1 Mei 2020:

1. Video Call

CEO Starbucks Curhat Karyawannya Tertekan, Selalu Ditanya: Kenapa Kerja di Perusahaan Zionis?

Selama imbauan beraktivitas dari rumah saat wabah COVID-19, platform video call dipilih banyak masyarakat untuk tetap terhubung dengan orang-orang sekitar. Cara ini bisa digunakan pula untuk menghubungi keluarga dan teman, saat hari lebaran.

Beberapa platform yang bisa digunakan adalah WhatsApp, yang kabarnya sudah bisa memuat maksimal delapan orang atau Google Duo untuk 12 akun. Selain itu, terdapat Zoom untuk mengadakan lebaran virtual dengan jumlah peserta lebih banyak.

Bobby Nasution Murka, Dishub Medan Langsung Cabut Laporan ke Tukang Martabak

2. GIF Instagram

Selain lewat video call, cara lainnya bisa menggunakan GIF yang ada di Stories Instagram. Tinggal ambil foto atau video yang diinginka,n dan hias menggunakan GIF? bertema lebaran.

Setelah menentukan video atau foto yang diinginkan, lalu klik ikon stiker. Setelah itu, ketik lebaran, ied, atau Idul Fitri untuk mendapatkan GIF dengan tema tersebut, dan siap untuk dihias untuk konten Stories.

3. Aplikasi

Kita juga bisa mendesain sendiri kartu ucapan lebaran dengan beberapa aplikasi. Misalnya, menggunakan kata kunci lebaran 2020 atau Idul Fitri 2020 di Google Play Store akan keluar sejumlah aplikasi yang menyediakan template ucapan lebaran.

Ada pula aplikasi Muslim Cards, yang menyediakan sejumlah template sejumlah kartu ucapan. Dengan teks dan ikon serta kalimat-kalimat, kamu bisa menghias kartu tersebut sebelum dikirim ke orang-orang terdekat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya