NASA akan Kirim Helikopter ke Dunia Lain

Logo NASA.
Sumber :
  • BGR.com

VIVA – Badan Penerbangan dan Antariksa atau NASA siap menerbangkan helikopter pertamanya, Ingenuity, di Planet Mars. Helikopter ini akan dirilis pada Juli mendatang, yang merupakan bagian Misi ke Mars 2020.

NASA Cari Volunteer untuk Tinggal 1 Tahun di Mars, Ini Syaratnya

Dikutip dari situs Space, Senin, 22 Juni 2020, Ingenuity akan berada di dalam rover Perseverance yang akan membantu ilmuwan meneliti planet merah itu soal kemungkinan adanya kehidupan di sana.

Ingenuity bukanlah aktor utama, namun akan menguji kemampuan NASA dalam penerbangan perdananya di tempat selain Bumi.

Terowongan ke Dunia Lain Ditemukan

"Saya bersemangat untuk bisa melihat helikopter terbang di dunia lain. Itu sesuatu yang belum pernah dilakukan dalam sejarah manusia, dan kita akan melakukannya," ujar Administrator NASA, Jim Bridenstine.

Insinyur Ingenuity, Mimi Aung, menjelaskan helikopter ini telah bekerja selama enam tahun. Namun, untuk ke planet Merah ini, Ingenuity melekat pada sisi bawah rover untuk melakukan perjalanan panjang ke sana.

Planet Tetangga Bumi akan Hilang 2 Minggu

Mereka akan tiba pada Februari 2021 dan akan mengalami tujuh menit penentuan keberhasilan pendaratan, seperti yang pernah dialami Curiosity NASA pada 2012. Setelah berhasil maka helikopter akan terpisah dari rover.

Ketika terbang, Ingenuity dengan Perseverance akan berada pada jarak 50 meter. Rover akan memantau helikopter terbang dengan 23 kamera bawaan di tubuhnya.

"Mengirimnya (Ingenuity) ke Mars dan mengeluarkannya dengan aman dari rover akan membuat kita mendapat banyak pelajaran. Kami juga tidak berharap mendapat banyak timbal balik. Tapi kami ingin mempelajari hal pertama yang memang perlu dipelajari," tutur Mimi.

Helikopter Ingenuity akan melakukan tiga kali penerbangan di Planet Mars. Namun jumlah itu bisa juga berubah. Keduanya direncanakan meluncur dari NASA Space Center, Florida, AS pada 20 Juli, atau mereka bisa mengubahnya hingga 11 Agustus 2020.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya