Ilmuwan Beri Nama Tokoh Marvel untuk Spesies Lalat

Deadpool
Sumber :
  • 20th Century Fox

VIVA – Ilmuwan Australia memberi nama ilmiah untuk lalat yang baru saja ditemukan dengan tokoh-tokoh Marvel. Sebut saja Deadpool, Loki, Thor, Black Widow, dan Stan Lee. Tahun ini, mereka menemukan 165 spesies baru yang terdiri dari lima lalat begal – pembunuh di dunia serangga, dua ikan, tiga subspesies burung, dan kutu yang hidup dengan kadal.

Viral Penampakan Ribuan Lalat Bertebaran di Kintamani Bikin Bergidik, Diduga karena Kotoran Ayam

"Memberi nama suatu spesies adalah langkah pertama untuk bisa memahami spesies. Tanpa nama ilmiah, spesies ini tidak terlihat oleh Sains," ujar Ahli Entomologi Commonwealth Scientific and Industrial Research Organisation (CSIRO), Bryan Lessard, seperti dikutip dari situs Metro, Kamis, 30 Juli 2020.

Ia lalu mencontohkan ada lalat yang dinamai Stan Lee, karena memiliki ciri kacamata hitam dan kumis putih. Sedangkan, lalat Deadpool memiliki tanda di punggungnya menyerupai topeng merah dan hitam.

Cara Kerja Nyamuk Wolbachia, Inovasi Baru untuk Atasi Penyebaran DBD di Indonesia

"Lalat Deadpool memiliki nama ilmiah Humorolethalis sergius. Humorolethalis kedengarannya seperti humor dalam bahasa latin, namun sebenarnya memiliki arti basah atau lembab dan lethalia yang berarti mati," jelas Bryan. Menurut pakar lebah dan tawon Juanita Rodriguez pemberian nama spesies merupakan hal yang menyenangkan.

Di sisi lain juga dapat menyelamatkan kehidupan dan spesies manusia. "Kami menemukan spesies tawon laba-laba yang hanya ditemukan di daerah yang terkena dampak kebakaran hutan musim panas ini. Saat ini kami masih memantau pemulihannya," tuturnya.

Top Trending: Geger Polisi DIkejar Pakai Panah, Heboh Video Nakes Direkam saat Mandi

Racun dari tawon laba-laba ini bisa berguna untuk mengobati epilepsi dan Alzheimer. Awal tahun ini Australia dilanda kebakaran hutan hebat. Akibatnya 11 juta hektare lahan hangus, 2.000 rumah hancur, dan 23 korban meninggal dunia serta satu miliar hewan mati.

Deadpool and Wolverine

Marvel Rilis Teaser Film Deadpool & Wolverine, Bertemunya 2 Superhero Idaman MCU

Dalam teaser pertama, terlihat Deadpool atau Wade Wilson yang diperankan oleh Ryan Renolds tengah merayakan ulang tahunnya bersama keluarga barunya. Namun, Deadpool dicul

img_title
VIVA.co.id
12 Februari 2024