Wow, Planet Tempat Tinggal Alien Terbuat dari Berlian

Ilustrasi exoplanet atau planet di luar Tata Surya.
Ilustrasi exoplanet atau planet di luar Tata Surya.
Sumber :
  • Instagram/@benny_gunther

VIVA – Para ilmuwan menemukan sejumlah bukti kalau alien bisa hidup di luar Bumi. Mereka cukup kaget dengan penemuan adanya kehidupan makhluk asing di Planet Venus. Dan kini, mereka mengatakan jika exoplanet terbuat dari berlian.

Exoplanet adalah planet yang letaknya di luar Tata Surya yang diklaim sebagai tempat tinggal alien. Alasan ilmuwan bilang begitu karena di planet gelap itu terdapat suhu panas, tekanan air, dan konsentrasi karbon tinggi.

Baca: Alien Hidup di Planet Venus

Exoplanet juga dapat membentuk silika, yaitu oksida silikon yang ditemukan di kuarsa alam. "Exoplanet itu berbeda dengan benda apapun yang ada di sistem Tata Surya kita," ungkap peneliti utama dari Arizona State University, Harrison Allen-Sutter, seperti dikutip dari situs Space, Rabu, 16 September 2020.

Dalam sistem Tata Surya, bintang dan planet apapun terbentuk dari awan gas dan debu. Dengan begitu akan memiliki persamaan komposisi.

Planet seperti Bumi seringkali mengorbit pada bintang dengan rasio karbon ke oksigen yang rendah. Exoplanet tidak demikian. Planet itu mengitari bintang yang memiliki material kaya akan karbon.

"Hal ini yang membuat exoplanet bisa memiliki banyak berlian. Berbeda dengan Bumi yang hanya ada 0,001 persen material tersebut," tegas Allen-Sutter. Namun, ia dan para ilmuwan menutup kemungkinan planet-planet berlian ini memiliki kehidupan di dalamnya, termasuk alien.

Mereka menyatakan bahwa sebagian planet kaya akan karbon tidak aktif secara geologis dan membuat atmosfer tidak ramah bagi makhluk hidup. Terlepas dari itu semua, menurut Allen-Sutter, penelitian ini bisa membantu memahami karakter soal exoplanet.

"Semakin banyak kita mempelajari maka semakin baik kita bisa menafsirkan data baru dari misi di masa depan seperti James Webb Space Telescope dan Nancy Grace Roman Space Telescope untuk mengerti dunia di luar sistem Tata Surya kita seperti exoplanet," tutur dia.