Game Lokapala Jadi Sorotan di Gamescom Asia 2020

Game esports buatan Indonesia. Lokapala
Sumber :
  • Lokapala

VIVA – Wakil Menteri Perdagangan Indonesia, Jerry Sambuaga mengaku diminta oleh Presiden Jokowi untuk mencari sektor strategis yang masih dapat berjalan dan bertumbuh di tengah pandemi ini, terutama untuk peningkatan ekspor. 

Asia Tenggara Bisa Jadi Pemimpin Industri Kripto Dunia, Begini Penjelasannya

Beliau menemukan, bahwa industri game dan esports justru mengalami peningkatan. Menurut World Economic Forum, esports telah berhasil membawa industri game ke level yang lebih tinggi semenjak adanya COVID-19.

Data dari Niko Partners juga menyatakan, bahwa 90 persen pemain game di Asia Tenggara dan Taiwan menekuni game bertema esports.

Peringati Hari Kartini, Peran Perempuan dalam Industri 4.0 Jadi Sorotan di Hannover Messe 2024

Dari data tersebut, Jerry menawarkan solusi yaitu memanfaatkan momentum fenomena esports sebagai pendorong pertumbuhan ekonomi juga untuk meningkatkan ekspor nasional.

Hal itu ia ungkapkan, saat hadir dalam acara Gamescom Asia 2020. Delapan negara terpilih sebagai highlight dalam acara tersebut, dan salah satunya adalah Indonesia.

Industri Laboratorium Makin Kinclong, Lab Indonesia 2024 Soroti Hal Ini

Sesi kedua Games Market Bootcamp diisi oleh Ivan Chen, CEO Anantarupa yang merupakan game developer lokal dengan produk Lokapala, yakni sebuah game esports pertama dari Indonesia dan satu-satunya dari Asia Tenggara.

“Lahirnya Lokapala yang resmi diluncurkan pada Mei 2020, seakan mematahkan asumsi bahwa developer Indonesia tidak mampu bersaing dengan negara-negara adidaya dalam industri game, seperti China dan Korea,” ujarnya melalui keterangan resmi, Selasa 17 November 2020.

Lokapala dikembangkan melalui kolaborasi lintas sektor bersama dengan pelaku industri konten lainnya yang tergabung dalam asosiasi Cakra.

Asosiasi ini memiliki fokus untuk membangun ekosistem pengembangan IP nasional melalui 6 sektor utama industri konten, yaitu komik, animasi, game, film, musik, dan mainan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya