Ada Lubang Hitam Telanjang, Ilmuwan Jadi Pusing

Lubang hitam.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Lubang hitam atau black hole adalah adalah daerah dengan kepadatan tak terbatas. Masing-masing pemakan materi yang ada di sekitarnya itu dibatasi oleh cakrawala peristiwa. Jika Anda melewati batas tersebut, maka tidak akan pernah bisa keluar lagi.

5 Black Hole Sedang Wara-wiri di Dasar Laut

Dilansir dari situs Live Science, Selasa, 1 Desember 2020, tapi bagaimana jika ada beberapa lubang hitam yang telanjang atau tidak memiliki batasan.

Sejauh ini mereka selalu terbungkus dengan cakrawala peristiwa, tapi pengamatan yang lebih rinci menunjukkan, bisa saja lubang hitam tidak sebagaimana yang kita tahu saat ini.

India Berani Kirim 'Utusan' ke Lubang Hitam

Baca: Benda Aneh Ditemukan di Sepasang Lubang Hitam

Jika lubang hitam telanjang ada di alam semesta, penelitian baru mengungkapkan cara mendeteksinya adalah dengan melihat cincin cahaya di sekelilingnya. Sejauh ini ilmuwan hanya tahu semua lubang hitam memiliki batasan.

Akankah Matahari Menjadi Lubang Hitam?

Cakrawala peristiwa adalah pemberi jarak pada lubang hitam, yang memiliki tarikan gravitasi sangat kuat. Sejak pertama kali lubang hitam ditemukan, ilmuwan berpikir, apakah mungkin ada black hole yang tidak memiliki cakrawala peristiwa. Jika ada, itu akan menjadi tempat yang berbahaya.

Setidaknya, lubang hitam dengan cakrawala peristiwa akan menjadi tempat yang aman. Jadi, meskipun menurut fisika black hole menjadi tempat yang ekstrem, namun apa yang terjadi di dalam lubang hitam tersebut akan terkunci.

Jika lubang hitam telanjang benar-benar ada, itu akan menjadi hal yang langka. Pemikiran ini tengah memusingkan para ilmuwan. Menurut mereka, jika black hole berputar maka dapat membentuk cakrawala peristiwa kedua, terletak di dalam batasan yang pertama.

Semakin cepat mereka berputar, maka jarak antara cakrawala peristiwa akan semakin dekat. Jika lubang hitam berputar sangat cepat, hal tersebut akan berpotensi menghilangkan cakrawala peristiwa dari sana dan akan membentuk lubang hitam telanjang.

Hingga saat ini ilmuwan belum menemukan lubang hitam yang berputar cepat. Mereka juga tidak memiliki cara untuk menentukan apakah objek astrofisika acak adalah lubang hitam pada umumnya atau lubang hitam telanjang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya