Alien Punya Banyak Rumah, Ilmuwan Terkejut

Alien.
Sumber :
  • NBC News

VIVA – Alien memiliki beberapa rumah yang letaknya di sekitar sistem bintang TOI-178. Para ilmuwan dibuat terkejut sekaligus takjub karena menemukan tiga planet yang lokasinya berdekatan di kawasan tersebut. Mereka langsung meneliti data yang ditemukan dari Transiting Exoplanet Survey Satellite (TESS) milik Badan Penerbangan dan Antariksa atau NASA.

Pensiunan Jenderal Bintang 4 Berinisial B Terseret Kasus Korupsi Rp271 T, Siapa Dia?

Ketika para ilmuwan mengamatinya lebih teliti mereka menyadari bahwa ketiga planet itu memiliki masa yang berbeda satu sama lain. Oleh sebab itu, mereka merekrut beberapa instrumen lagi dan menemukan sistem bintang tersebut menampung setidaknya enam planet, dengan lima di antaranya memiliki orbit yang saling berirama.

Ilmuwan Proyek Characterizing Exoplanet Satellite (CHEOPS) Badan Antariksa Eropa, Kate Isaak, mengaku jika peristiwa ini merupakan pertama kalinya untuk mereka. Sebab, berdasarkan pengamatannya ditemukan sistem bintang TOI-178 memiliki lima planet yang mengorbit bintang setiap 2, 3, 6, 10 dan 20 hari.

Kerusakan Iklim dan Alam Jadi Tanda Kiamat? Begini Penjelasan Al Quran dan Sains

Akan tetapi, bagi dirinya bersama ilmuwan lainnya mengaku jika urutan tersebut sangat aneh, karena seharusnya ada planet lain di sistem yang mengorbit setiap 15 hari.

"Dalam beberapa sistem yang kita kenal sebagai harmoni itu kepadatan planet terus menurun saat menjauh dari bintang. Tapi, dalam sistem bintang TOI-178, planet terestrial yang padat seperti Bumi tampaknya berada tepat di sebelah planet yang sangat halus dengan setengah kepadatan Neptunus. Lalu, diikuti oleh yang sangat mirip dengan Neptunus," kata Kate, seperti dikutip dari situs Space, Selasa, 26 Januari 2021.

6 Jenderal Polisi Bintang 4 yang Berasal dari Jawa Tengah, Siapa Saja?

Ia melanjutkan bahwa beberapa hari kemudian data dengan jelas menunjukkan adanya planet tambahan. Dengan demikian, hal ini menegaskan memang ada enam planet di sistem bintang TOI-178.

Sementara itu, ilmuwan dari Universitas Jenewa, Nathan Hara menuturkan, pada bagian paling dalam dari sistem bintang tersebut berbaris planet dengan irama yang berbeda, tetapi lima bagian luarnya mengorbit selaras satu sama lain.

"Kami tidak hanya menemukan planet tambahan, tapi juga mempelajarinya. Kami menemukan ukuran rumah alien berkisar antara 1,1 hingga 3 kali ukuran Bumi dengan tingkat kepadatan yang berbeda-beda," jelas dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya