LAPAN Ungkap Alasan Jakarta Mendingin

Ulang Tahun DKI Jakarta 494
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional atau LAPAN mengungkap Jakarta mendingin selama Juni tahun ini. Temperatur atau suhu udara permukaan di ibu kota mendingin selama bulan ini dibandingkan periode yang sama tahun lalu, dengan penurunan suhu minimum rata-rata sebesar 0,6 derajat Celcius.

Polri Sebut Angka Kecelakaan Mudik Lebaran 2024 Turun 12 Persen

Menurut Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer (PSTA) Deputi Bidang Sains Antariksa dan Atmosfer LAPAN, tren pendinginan suhu antara 0,5-1 derajat Celcius juga terjadi di Bandung, Jawa Barat sejak Januari hingga Juni dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Kondisi penurunan suhu permukaan di daratan (Jawa Barat dan Jawa Tengah) juga diperlihatkan melalui data prediksi suhu permukaan dari Sadewa-LAPAN pada 24 Juni pukul 06.00 WIB pada tahun ini dibandingkan tahun sebelumnya.

Prakiraan BMKG: Jakarta Diguyur Hujan pada Siang hingga Malam Hari

"Meski demikian suhu harian tersebut memiliki fluktuasi harian yang dipengaruhi oleh suhu pemanasan permukaan yang diterima dari radiasi Matahari. Salah satu faktor yang ditentukan oleh panas laten dari keberadaan awan," bunyi keterangan resminya di akun Instagram @pstalapan, Senin, 28 Juni 2021.

Data penurunan suhu permukaan rata-rata di beberapa kota sepanjang Juni yang terjadi pada kemarau basah saat ini kemungkinan berkaitan dengan fenomena front (perbenturan) dua massa udara yang berlainan, yaitu antara udara dingin dan udara hangat.

Erik Ten Hag Menyalahkan FIFA Matchday Atas Penurunan Performa MU

Front udara dingin atau disebut cold front dapat menyebabkan udara dingin di permukaan mendorong dan mengangkat udara hangat di atasnya. Dalam konteks kemarau basah seperti saat ini pembentukan cold front dapat terbentuk dari pergerakan kuat monsun timuran (dari timur) Australia yang bersifat dingin.

Front dingin kemudian berbenturan dengan udara hangat dari barat karena keberadaan vorteks dan Dipole Mode negatif di Samudra Hindia. Cold front selanjutnya dapat meluas dan terputus oleh eksistensi awan-awan dingin tebal yang persisten meliputi daratan.

Iran meluncurkan rudal ke arah Israel

Mereda, Israel Buka Kembali Ruang Udara Setelah Dibombardir Iran

Israel telah mengizinkan kembali penerbangan di wilayah pendudukannya setelah serangkaian serangan udara oleh Iran, termasuk penggunaan pesawat nirawak (drone) dan roket.

img_title
VIVA.co.id
15 April 2024