WhatsApp Rilis Fitur tapi Bikin Ribet

Whatsapp.
Sumber :
  • freepik.com

VIVA – Facebook baru saja mengumumkan bahwa layanan WhatsApp akan mendapat pembaruan terbatas dari fungsionalitas multiperangkat tanpa ponsel utama. Pengguna yang ingin mendapatkannya bisa mendaftar dengan mengikuti prosedur yang telah dijelaskan di halaman tanya jawab WhatsApp.

Khawatir Kena Sadap, Hakim MK Ingatkan Peserta Sidang Tak Aktifkan Ponsel Selama Persidangan

Pengguna juga harus memakai WhatsApp versi beta terbaru untuk Android atau iOS. Namun, layanan baru ini tampaknya terbatas hanya untuk beberapa pasar, tapi anak usaha Facebook itu belum menyebutkan secara pasti di negara mana saja fitur tersebut akan hadir.

Jadi, jika tertarik, coba dan lihat apakah itu cocok untuk Anda. Mungkin saja fitur ini tidak bergantung di negara kamu tinggal. Tapi, ada banyak hal yang belum berfungsi dalam fitur multiperangkat. Misalnya, melihat lokasi langsung di perangkat pendamping.

WhatsApp Ogah Tunduk Sama UU, Menantang Pemerintah

Menyematkan obrolan di WhatsApp web atau desktop. Bergabung, melihat, dan mengatur ulang undangan grup dari Web dan desktop, sehingga pengguna harus menggunakan ponsel pintar atau smartphone sebagai gantinya.

Lalu, mengirim pesan atau menelepon seseorang yang menggunakan WhatsApp versi lama di ponsel tidak akan berfungsi dari perangkat yang tertaut. Kemudian, menelepon dari portal atau WhatsApp desktop ke perangkat yang tidak terdaftar dalam beta multiperangkat.

BI Tegaskan Biaya Layanan QRIS 0,3 Persen Ditanggung Pedagang Bukan Konsumen

Akun WhatsApp lain di portal juga tidak akan berfungsi, kecuali akun tersebut telah bergabung dengan multiperangkat beta. Pengguna WhatsApp Business tidak dapat mengedit nama atau label bisnis mereka dari WhatsApp web atau desktop.

Sejauh ini, jika pengguna ingin menggunakan WhatsApp di perangkat yang berbeda dari ponselnya, maka handset tetap harus terhubung ke internet. Dengan fungsi baru ini, pengguna dapat memakai WhatsApp hingga empat perangkat nonponsel meskipun baterai ponsel mati, menurut situs GSM Arena, Kamis, 15 Juli 2021.

Setiap perangkat pendamping akan terhubung ke WhatsApp secara independen sambil mempertahankan tingkat privasi dan keamanan yang sama melalui enkripsi ujung ke ujung (end-to-end encryption). Fitur keamanan ala WhatsApp ini dipertahankan untuk menyinkronkan data, seperti nama kontak, arsip obrolan, hingga pesan berbintang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya