Sudah Ada di Indonesia, Ini Istimewanya TV Samsung Neo QLED 8K

TV Samsung Neo QLED QN85A 4K 75 inci.
Sumber :

VIVA – Samsung resmi merilis dua produk TV layar besar (big screen) kelas premiumnya di pasar Indonesia, yakni Neo QLED 8K TV dan Neo QLED 4K TV. Samsung merilis Smart TV generasi terbarunya ini ke dalam 3 varian, yakni QN800A, QN90A, QN85A.

Jokowi Semringah Resmikan Balai Terbesar se-Asia Tenggara di Depok

Kedua perangkat yang memiliki teknologi QLED ini adalah TV pintar yang mengutamakan desain ramping dan kualitas suara.

Untuk diketahui teknologi QLED (singkatan dari Quantum-dot Light Emitting Diode) sendiri adalah teknologi Quantum Dot Display yang dikembangkan oleh Samsung sendiri.

Terpopuler: Akses Media Sosial Tanpa Sentuhan, Harga Ponsel Samsung Semua Tipe

QLED pada Smart TV Samsung menggunakan teknologi titik quantum yang mampu meningkatkan performa gambar lebih tajam dan kontras. Bahkan QLED juga diklaim bisa menghadirkan tingkat kecerahan yang lebih tinggi namun tetap nyaman untuk dilihat. Tidak hanya itu, QLED juga dapat menciptakan volume warna yang lebih 'kental' hingga tingkat kepenuhan 100 persen.

Lantas, apalagi yang istimewa dari Smart TV Samsung Neo QLED 8K ini?

Belanja Iklan di Asia Tenggara Diperkirakan Capai US$1,62 Miliar pada 2024

Seperti dikutip dalam Dalam  acara seminar bertajuk "Samsung Visual Display Tech Summit 2021", pada Kamis (22/4/2021), ada tiga peningkatan utama yang dibawa TV Neo QLED 8K 2021, dibandingkan generasi sebelumnya.

Adapun tiga peningkatan ini meliputi penggunaan Quantum Mini LED baru, teknologi Matriks Quantum 12-bit, dan prosesor Neo Quantum baru.

Lebih Slim

Pada TV Neo QLED di generasi terbarunya ini, Samsung menggunakan teknologi Quantum Mini LED. Teknologi ini dirancang untuk mengoptimalkan kemampuan Quantum mini LED yang hadir dengan ukuran 40 kali lebih kecil dari LED pada umumnya.

Dengan pengurangan ukuran tersebut, TV Neo QLED Samsung pun bisa dibuat lebih ramping. Karena Quantum Mini LED ini pula TV Samsung Neo QLED generasi terbaru ini memiliki peningkatan kecerahan dan akurasi cahaya secara keseluruhan.

Lebih Tajam dan Kontras

Pada umumnya, skala pencahayaan panel LED konvensional hanya berkisar pada 10-bit dengan 1.024 langkah.

Namun pada generasi TV Neo QLED terbarunya ini, Samsung meningkatkan skala pencahayaan menjadi 12-bit dengan 4.096 langkah. 

Dengan peningkatan ini, Samsung mengatakan, Smart TV Neo QLED akan menyajikan tampilan yang memiliki kontras lebih baik. Selain itu, peningkatan skala menjadi 12-bit juga memberikan kontrol empat kali lebih baik atas sumber cahaya.

Sehingga menurut Samsung hal Ini membuat area terang menjadi lebih terang, dan area gelap menjadi lebih gelap, dengan detail dan presisi yang lebih banyak dari sebelumnya.

Lebih Jernih

Di TV Neo QLED generasi terbaru ini juga Samsung telah meningkatkan kinerja prosesor Neo Quantum dengan menggabungkan teknologi multi-intelligence neural network, termasuk dengan AI upscaling. Semua peningkatan ini berfungsi untuk menganalisis konten video yang ditampilkan oleh layarTV.

AI upscaling ini lah yang bekerja untuk menganalisis semua resolusi, detail hingga noise pada konten video dan kemudian akan meningkatkan kualitas konten video tersebut.

Hasilnya? Dengan teknologi ini pengguna bisa menikmati konten dengan resolusi yang lebih tinggi dibanding aslinya (upscaling) dan dengan tampilan yang lebih jernih bahkan bisa menikmati sajian video 8K yang menakjubkan. 

Selain keistimewaan tadi, fitur lain dari di smart TV ini juga kompatibel untuk digunakan bermain game. Adanya FreeSync Premium Pro dan Auto Low Latency Mode, membuat jalannya permainan nyaris tanpa delay.

Kemampuan ini ditopang oleh AMD FreeSync dan dilengkapi dengan Motion Xcelerator Turbo+ yang mampu menampilkan gambar dengan jernih, meski dalam kecepatan tinggi sekali pun. 

Anda bisa menikmati semua keistimewaan Smart TV Samsung Neo QLED QN800A, QN90A, QN85A

Harga

Di Indonesia, Samsung Neo QLED 8K TV dibanderol mulai dari Rp 51.999.000 untuk ukuran 65 inci dan Rp 71.999.000 untuk ukuran 75 inci.

Sedangkan untuk varian Neo QLED 4K TV mulai dari Rp 32.999.000 hingga RP 61.999.000 untuk ukuran 65 inci dan 75 inci.

Sebelumnya, TV Samsung Neo QLED 8K TV dan 4K ukuran 65 inci dan 75 inci sudah bisa dipesan melalui sesi pre-order pada tanggal 6 Mei hingga 31 Mei 2021 di situs resmi Samsung.com.

Dan untuk model terbaru Neo QLED 8K TV berukuran 85 inci baru sudah mulai dijual pada bulan Juli 2021 ini.

Berikut daftar harga Samsung Neo QLED 8K TV dan Neo QLED 4K TV di Indonesia.

Samsung Neo QLED 8K TV (65 inci) = Rp 51.999.000
Samsung Neo QLED 8K TV (75 inci) = Rp 71.999.000
Samsung Neo QLED 4K TV (65 inci) = Rp 32.999.000
Samsung Neo QLED 4K TV (75 inci) = Rp 61.999.000
Untuk informasi lebih lanjut mengenai Samsung Neo QLED 8K TV dan Neo QLED 4K TV dan promo yang ditawarkan, silakan kunjungi situs resmi Samsung di tautan berikut ini https://www.samsung.com/id/tvs/qled-tv/highlights/

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya